VALIDATOR REAL COUNT

Rachma eka amilina 1571504750 Digital Media (SD)

well, this is my first blog.

Rabu, 19 April 2017

Hotel Kartika Chandra, Jl. gatot subroto kav 18-20, Jakarta.

Saya terpilih (lagi) menjadi VALIDATOR di event Pusat data Real count dan Quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran kedua yang diselenggarakan oleh Partai Golkar, PDI, dan Teman Ahok yang berkerja sama dengan Cyrus Network. Kebetulan saya terpilih di bagian Real count, dan tugasnya itu menelfon semua saksi yang adaS_6001297118795 di wilayah DKI Jakarta, setiap Validator dibagi 50 TPS per orang. Saya sendiri mendapat bagian di wilayah Jakarta Barat, tepatnya di TPS Kembangan utara, Kembangan selatan dan Joglo. Tugas saksi sendiri yaitu harus mengirimkan SMS berupa format Saksi 2 hadir/tidak, saksi 3 hadir/tidak, dan saksi berasal dari saksi dalam atau saksi luar. Nah, apabila saksi belum mengirim SMS ataupun salah mengirim format SMS Validator harus menelfon saksi untuk menanyakan dan mengkorfimasi apakah saksi 2 dan 3 sudah hadir atau belum? dan apakah saksi berasal dari saksi dalam atau saksi luar?, dan apabila saksi tersebut tidak bisa di telfon entah tidak dapat dihubungi, tidak terjangkau, nomornya salah, ataupu voicemail Validator harus segera menghubungi Korkel, dan apabila Korkel pun tidak bisa dihubungi Validator harus menghubungi Korcam. dan Validator harus menelfon semua saksi yang berjumlah 50 orang, terkadang makian kita dapatkan….. dan kegiatan menanyakan saksi sudah hadir atau belum dilakukan dari jam 08.00 sampai jam 12.00 WIB.

Lalu dari jam 13.00 sampai jam 18.00 barulah pekerjaan terberatnya.. Validator harus menelfon dan mengkorfimasi berapa jumlah suara dari pasangan 2 dan 3, jumlah suara tidak sah dan jumlah DPT. Ini sungguh membuat pusing para S_6006718971241validator.. karena terkadang banyak saksi TPS yang susah dihubungi jd harus telfon berkali-kali, dan kadang ada yang belum selesai menghitung, ada yang minta catering pula……padahal bukan tugas dari Validator. Di sesi ini data yang masuk sangat berpengaruh pada hasil ke dua pasangan calon gubernur oleh sebab itu para Validator harus sangat teliti dalam penginputan data dengan mengkofirmasi kepada para saksi sejara jelas, walaupun saksi sudah mengirimkan SMS dengan format yang benar Validator tetap harus mengkorfimasi. nah foto diatas ini adalah foto pada saat TPS sudah beres semua tetapi  saksi belum mengupload c1 plano. 

Dan jam 16.00 para validator sudah harus menanyakan S_6001297243490kepada saksi apakah sudah mengupload 2 foto C1 plano di aplikasi CNRC atau belum? dan apabila sudah ada yang mengupload 2 foto, validator harus memilih 1 foto yang bagus, yang jelas, dan memeriksa lagi apakah hasil nya sama dan dari TPS yang sama.

Begitulah kira-kira cerita saya di hari pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran ke 2.

Semoga Jakarta lebih baik kedepannya..

Rachma eka amilina 1571504750 Digital Media (SD)

click link to see my video

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s