NAMA          : SORAYA FEBIA ASTUTI

NIM              : 1471505824

KELOMPOK: SD

IMG-20170419-WA0001

JAKARTA – Calon gubernur Anies Baswedan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 28 Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan tepatnya di Jalan Lebak Bulus II RT/RW 06/04 bersama dengan keluarganya.

Anies yang berpeci datang ke TPS didampingi istrinya Fery Farhati Ganis dan putra-putrinya. Anies bersama keluarga kompak mengenakan baju warna putih berjalan ke TPS 28, Rabu (19/4/2017). Setelah menyerahkan formulir C6, Anies dan keluarganya menunggu giliran mencoblos di TPS. Anies beberapa kali memberikan salam OK-OCE.

IMG-20170419-WA0000

Suasana TPS 28 bertemakan budaya betawi terlihat dari maskot jakarta yaitu ondel-ondel yang berdiri didepan tps dan juga para panitia yang menggunakan pakaian adat betawi. Jumlah pencoblos di TPS 28 terdapat 715 orang. TPS dibuka pada pukul 7.06 kemudian panitia melakukan janji panitia agar pencoblosan berlangsung secara adil dan panitia juga melakukan perhitungan surat suara pencoblosan yang dapat digunakan berjumlah 733 surat suara.

Anies Baswedan sebelum berangkat menuju TPS, beliau melakukan ibadah salat Dhuha. Mantan Mendikbud itu kemudian melakukan sungkem ke Ibu kandung, Ibu mertua, dan ayah mertuanya. Selain Anies, istri dan anak-anak Anies juga ikut sungkem ke orang tuanya.

Pantauan saya di TPS 28, Jalan Lebak Bulus II, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017), sejak pukul 13.47 WIB, surat suara mulai dihitung oleh petugas TPS 28.

IMG_6273

Pasangan Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno keluar sebagai nama pertama yang disebutkan.

Warga antusias saat mengikuti perhitungan suara ini. Bahkan beberapa warga teriak ‘takbir’, saat pasangan nomor 3 disebutkan. Mereka juga berteriak ‘lanjut, lanjut, lanjut’ saat Anies dan Sandi kembali di sebutkan.

Berbeda dengan lawannya pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat ketika disebutkan, warga terlihat geram dan bersorak ‘wooooo’. Bahkan ada yang berteriak ‘ikan asin’ dan ‘sembako’.

Namun, ada salah satu warga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 28 Cilandak Barat, Lebak Bulus, Jakarta Selatan tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Berdasarkan kesaksian warga, di TPS tersebut masih tersisa surat suara, namun petugas tidak memperbolehkan warga untuk menggunakan haknya. Menurut pengawas TPS, ia tidak dapat menggunakan hak pilihnya karena ia tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), padahal istrinya dapat menggunakan hak pilihnya di TPS yang sama, Rabu (19/4)

Tercatat warga pemilih tetap berjumlah 715 orang, surat suara sah untuk paslon nomor urut 2 berjumlah 195, surat suara sah untuk paslon nomor 3 berjumlah 396, surat suara tidak sah berjumlah 5, dan masih tersisa 104 surat suara yang tidak digunakan.

IMG_6288

Inilah hasil akhir perhitungan suara di TPS 28 Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan