Pilkada Putaran Kedua di TPS 37 Petukangan Selatan

Nama: Astried Embun A.J
NIM: 1371501667
Kel: SD

IMG_1404.JPGPilkada DKI Putaran Kedua yang dilaksanakan di TPS 37 kelurahan Petukangan selatan,  Jakarta Selatan ini dimulai pada pukul 07.00 pagi. Panitia pun sudah berkumpul di TPS dan mengumumkan kepada warga bahwa TPS sudah dibuka dan bisa memulai untuk melakukan pencoblosan. untuk satu jam pertama para warga yang datang ke TPS masih sepi dan sedikit ramai pada pukul 9.00-11.30 pagi. Penjagaan dalam TPS tidak begitu ketat, hanya saja tidak boleh membawa alat elektronik seperti handphone dan tas pada saat pencoblosan.

Proses pemilihannya yaitu pemilih menuju ke KPPS 1 dan menyerahkan kertas undangan pemilihan kepada panitia lalu mengambil kertas pemilu setelah itu pemilih dipersilahkan masuk ke bilik suara. Pemilih melakukan pemilihan yaitu memilih salah sIMG_1412.JPGatu dari kedua calon yang ada. Setelah selesai pemilih memasukan kartu suara ke kotak suara dan mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta sebagai tanda bahwa warga tersebut sudah memilih. Warga yang tidak memiliki kartu undangan pemilihan tidak diperbolehkan mengikuti pilkada pada waktu itu karena mempunyai jam sendiri, yaitu pukul 12.00 WIB. Pada pukul 13.00WIB TPS ditutup dan istirahat. Pada pukul 13. setelah diperiksa jumlah warga yang mencoblos hanya 471 dari 583 data sementara KPU yang diantaranya sudah almarhum tetapi masih terdata menjadi pemilih. Berarti masih banyak warga yang memilih golput dan ada juga yang terlambat mencoblos. Ini disebabkan oleh beberapa hal seperti jarak rumah yang jauh, tidak pulang dari daerah lain karena pekerjaan, dan alasan lainnya.

IMG_1419

Setelah itu semua panitia, pengawas, dan pemantau membuka kotak suara dan perhitungan kertas suara dimulai lalu dicocokan secara terbuka. Setelah jumlahnya sama dilakukan perhitungan suara. Dan hasil yang diperoleh yaitu dimenangkan oleh pasangan nomor urut 3 yaitu Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno dengan suara sebanyak 280 sedangkan nomor urut 2 yaitu Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat sebanyak 185 suara. Akan tetapi, ada suara yang tidak sah sebanyak 6 suara.img_1431.jpg

IMG_1427

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s