Apa sih alat musik Bass itu?20170515222405

Jadi bass adalah salah satu instrumen musik yang sangat penting peranannya dalam memberikan nuansa alunan musik dengan nada lebih rendah sebagai pengisi dan pemberi tempo nada. bass adalah alat musik yang menggunakan dawai ato senar sebagai sumber suaranya. Jika dilihat dari sumber bunyinya, Bass merupakan alat musik Chordophone. Alat ini umumnya memiliki 4 senar (Ada juga bass yang memiliki 12 senar) dan menghasilkan nada-nada rendah.

Senar 4 sampai senar 12 pada bass

PicsArt_05-15-10.53.10

Bass modern memiliki bentuk seperti gitar hanya saja terlihat lebih besar serta bagian neck-nya lebih panjang. Senarnya pun lebih besar dari pada gitar, oleh karena itu kayu yang dipakai untuk membuat bass ini adalah kayu yang lebih kuat dan solid dari pada gitar. Dalam sebuah band alat ini digunakan sebagai pengatur tempo bersama drum, serta menjaga harmoni lagu. Bisa dibilang juga bahwa bass adalah “jembatan” antara drum dan gitar. Oleh karena itu, pembunyian alat ini diselaraskan dengan bass drum dan bisa juga snare drum, walau begitu ada juga berbagai permainan variasi yang lebih bebas. Suaranya pun menonjol dan khas, sehingga bassist juga bisa unjuk kebolehan tanpa takut tertutupi oleh suara instrumen lainnya. Susunannya senar pada bass (4senar) juga dimulai dari senar 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Demikian pula dalam penulisannya dalam tablature, bass hanya menggunakan 4 garis yang mewakili senar-senar tersebut. Meskipun bass akustik ada, tapi mayoritas bass lebih sering ditemui dioperasikan secara elektronis atau listrik dan memerlukan ampli untuk memperkuat suaranya.

Sebelum kita belajar gitar bass, ada baiknya jika kita Untuk memulai latihan, anda harus menyetem gitar anda terlebih dahulu agar suara senarnya bisa harmonis dan tepat. Jika tidak distem maka anda tidak akan bisa belajar, karena suaranya tidak mungkin pas.

Untuk belajar konci konci dasarnya Langsung ke cara mainnya aja, ini adalah video tentang kunci – kunci dasar pada bass yg dijelaskan oleh temen saya.

Nah gimana teman – teman? Udah paham? seringlah dengerin suara bass di sebuah musik, pahami tekniknya dan coba praktekkan.                                       Fachrur Rozi (1471500643)