All About Wedding Production (Video Wedding Production)

62

    Hallo, saya Kukuh Ivan Wirawan dan disini saya akan membahas mengenai all about wedding production, mungkin kalian yang suka hobi photogrpahy maupun videography kalian bisa menyalurkan hobi kalian ini menjadi suatu manfaat bagi orang lain, dan terutama untuk kita pribadi. Untuk pembahasan pertama, saya akan menjelaskan lebih kepada dokumentasi wedding berupa video. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

    Dalam suatu pernikahan sangatlah penting membuat dokumentasi berupa foto maupun video. Saat ini, banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa wedding yang mengedepankan kualitas yang baik dalam membuat dokumentasi wedding terhadap para clientnya. Hal seperti ini, disebut dengan cinematic wedding. Banyak yang bertanya apa itu cinematic wedding video?. Cinematic wedding video dapat diartikan berbeda-beda, saya akan menjelaskan dengan versi saya sendiri. Untuk video di atas saya khususkan untuk bagian saat resepsi saja, karna memang bagian inilah yang sangat sakral dalam suatu pernikahan. Mendangar kata cinematic, tentunya kita harus berfikir bahwa terdapat unsur dramatis yang ditampilkan dalam sebuah video. Semoga bisa menjadi contoh untuk kalian yang membacanya.

    Cinematic Wedding video adalah sebuah karya video yang dibuat dengan mengambil gambar bergerak selama hari pernikahan, dimulai dari pagi hari sampai dengan pesta pernikahan. Disebut “Cinematic” karena teknik pengambilan gambar layaknya film-film yang tampil di bioskop dengan dukungan peralatan lengkap yang lebih dari sekedar kamera saja. Mulai dari teknik blocking shot, pemilihan backsound, pewarnaan color gradding yang baik, hingga adegan yang direkampun tidak hanya apa yang dilakukan pada umumnya. Kalian juga harus perhatikan detail-detail gambar seperti kue pernikahan, lampu-lampu hias yang bisa membuat video kalian semakin menarik dan dramatis. Kreativitas dan kepekaan terhadap suasana disekeliling anda adalah nyawa utama dari isi video wedding anda.

IMG_20170514_120356_232

    Supaya gambar yang direkam terlihat cinematic, tentunya kita harus menggunakan peralatan yang mempuni. Tampilan gambar berkualitas baik dengan tampilan video HD dan pengambilan gambar menggunakan kamera DSLR membuat ketajaman gambar begitu sangat berasa dengan latar belakang yang blur membuat video semakin dramatic. Pada foto diatas, merupakan peralatan yang saya gunakan untuk membuat project wedding, diantaranya adalah Canon EOS 70D, Lensa Fix & Kit, Tripod.

SCREEN KUKUH

    Kemudian kita masuk ke bagian editing, tahapan ini sangat penting dalam menunjang keberhasilan video yang kalian produksi supaya terlihat lebih maksimal. Software yang saya gunakan untuk tahap proses editing adalah Adobe Premiere CC 2017, dengan pewarnaan color grading bawaan dari Adobe Premiere, yaitu dengan RGB Curves. Menurut saya, pewarnaan dalam editing sangatlah penting, karena kita dapat memanjakan mata penonton dengan pewarnaan yang sesuai dan tampilan video anda tidak menjadi flat. Kemudian di tahap editing ini, kalian juga bisa menambahkan effect warp stibillizer pada video effect, supaya video yang terlihat goyang akan menjadi stabil dengan effect bawaan Adobe Premiere CC 2017 ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s