IMG20170506095020

  Kali ini kita akan membahas jamu, jamu merupakan ramuan yang berasal dari tumbuhan – tumbuhan alam berupa bagian tumbuhan seperti rimpang ( akar -akaran ), daun – daunan, kulit dan batang serta buah.  Jamu sering disebut sebagai ramuan tradisional karena jamu memang sudah dikenal sejak jaman nenek moyang.

  Istilah jamu muncul pada zaman Jawa Baru, dimulai sekitar abad pertengahan 15-16 masehi. Karena jamu identik dengan budaya Jawa maka pengertian jamu pun di ambil dari bahasa Jawa Kuno.

     Dikutip dari situs jamuindonesia.com jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari indonesia, khususnya masyarakat jawa. Menurut ahli bahasa jawa kuno, istilah ” jamu ” berasal dari singkatan dua kata bahasa jawa kuno yaitu ” djmampi” dan ” oesodo”. Djampi berarti penyembuhan yang mengguanakan ramuan obat -obatan atau doa dan ajian -ajian sedangkan oesodo berarti kesehatan.

    Dulunya jamu hanya dinikmati oleh kalangan tertentu saja tapi saat  ini jamu dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat baik orang tua maupun muda, anak-anak maupun orang dewasa. Dengan demikian jamu menjadi sangat popular di indonesia.

Salah satu jamu yang banyak orang ketahui adalah kunyit asam ( kunir asam ), banyak sekali manfaat yang terkandung dalam jamu kunyit asam ( kunir asam ) seperti

  1. Sebagai detokfikasi tubuh
  2. Dapat mempertahankan berat badan
  3. Menyembuhkan peradangan pada tenggorokan
  4. Membuat siklus haid menjadi teratur
  5. Mmembuat kulit menjadi lebih bercahaya
  6. Menghilangkan bau badan tidak sedap
  7. Sebagai anti aging ( obat awet muda )
  8. Mengecilkan perut buncit
  9. Menyembuhkan penyakit maag.

    Cukup banyak kan manfaat dari jamu kunyit asam ini rasanya yang segar dan ada rasa sedikit asam membuat jamu ini sangat disukai banyak orang terutama ibu-ibu atau remaja putri.

    Jika kalian ingin mencoba membuat kunyit asam sendiri pembuatannya sangat mudah dan simpel denga beberapa bahan  seperti. Bahan – bahan pembuatan jamu kunyit asam sendiri mudah ditemukan di Indonesia membuat jamu kunyit asam ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

  1. 250 gram  Kunyit

IMG20170506160544

  1. 8 sendok makan beras

IMG20170506095127

Kegunaan beras dalam pembuatannya berguna untuk mengentalkan kemudian saring ramuan.

  1. 1 Liter air

IMG20170516185855

  1. 250 gram Asam jawa

IMG20170506160610

  1. 250 gram gula Jawa

IMG20170516190620

  1. 2 1/2 sendok teh garam

IMG20170516190757

Yap jika 6 bahan tersebut sudah terkumpul kita bisa memulai membuat jamu kunyit asam. Langkah – langkah pembuatannya adalah :

  1. Caranya adalah cuci bersih kunyit dan potong menjadi kecil – kecil.
  2. Masukan kunyit, beras, dan air lalu blender sampai halus.
  3. Setelah di blender saring dan pisahkan dari ampasnya setelah itu.
  4. Masukan air kunyit yang telah di pisahkan dari ampasnya lalu masukan kedalam     wajan tambahkan gula merah dan asam jawa dan garam.
  5. Lalu Rebus  selama 15 menit ( sampai mendidih.
  6. Setelah mendidih angkat dan diamkan beberapa menit lalu saring kembali untuk     memisahkan dari biji asam jawa.
  7. Setelah disaring dapat didiamkan beberapa menit ( sampai dingin ),

      Yaaaa sudah selesai mudahkan, kalian bisa meminumnya dengan beberapa tipe ada dengan rasa hangat atau rasa dingin, kalo kalian mau meminumnya dengan rasa dingin kalian bisa memasukannya kedalam lemari es, kalo masih ada rasa sedikit pahit kalian bisa menambhakan sedikit madu kedalam minuman.

     Karena resepnya dapat dari tukang jamunya resep ini bisa jadi untuk 1 liter jamu kunyit asam ( kunir asam ). Jika kalian membuatnya 1 liter dan tidak habis kalian bisa disimpan didalam kulkas.

Sooo cukup sampai disini artikel pembutan jamu, sampai ketemu di artikel minuman tradisonal selanjutnya.