Mie Jepang, yap seperti yang telah kita ketahui, mie Jepang memiliki berbagai macam jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Ramen, Udon, dan Soba merupakan jenis-jenis dari pada mie Jepang yang memiliki bentuk dan penyajian yang berbeda satu sama lain.

IMG_20170511_173410

Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu mie Jepang yaitu Udon. Apasih Udon itu? Yap olahan mie yang satu ini merupakan olahan mie asal Jepang yang memiliki tingkat ketebalan yang berbeda dengan mie pada umumnya, yaitu 3 kali lebih tebal dari mie yang ada saat ini. Bahan dasar yang dipakai pada pembuatan mie Udon sama hal-nya dengan pembuatan mie pada umumnya yaitu berbahan dasar tepung terigu berprotein sedang atau rendah, dan diuleni hingga kalis serta dibentuk menjadi mie baik cara manual (menggunakan tangan) atau menggunakan mesin.

Kali ini saya sedikit membahas mengenai awal mula mie Udon, yaitu dahulu mie Udon merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari dinasti Tang. Konon orang Jepang mengenalnya pada abad pertengahan sebagai makanan yang berasal dari Tiongkok. Namun saat itu udon lebih dekat dengan pangsit dan berupa daging yang dibungkus dengan lembaran tepung yang digilas tipis. Dan baru berupa mie dan disebut “Udon” pada saat zaman Edo.

Udon sendiri berdasarkan bentuk dan penyajiannya memiliki perbedaan. Yang pertama ada Udon Tebal (Futo Udon), Udon Tipis (Hoso Udon), dan Udon Kecil-kecil (Himokawa Udon).

IMG_20170511_173428

Udon yang sering kita jumpai di Indonesia yaitu Futo Udon, seperti yang saya makan di Marugame Udon yang familiar kita jumpai di mall-mall saat ini. Kemarin saya memesan Kake Udon (­Su-Udon)  yang berupa udon yang telah di rebus kemudian diberi kuah yang bercita rasa gurih serta ditaburi irisan daun bawang. Untuk Kake Udon ini merupakan pilihan menu udon dengan penyajian dan penampilan yang sederhana, karena toping untuk memilih udon ini dipilih sesuai selera karena biasanya pada restaurant udon atau restaurant Jepang menyajikan beragam macam jenis makanan pendamping atau gorengan kering ala Jepang seperti Tempura, Menchi Katsu, Egg Tempura dan masih banyak lagi.

 

Nama : Atika Ayu Lestari

Kelompok : SD