Film Adaptasi Dari Novel

Film merupakan karya seni berupa rangkaian gambar hidup yang diputar sehingga menghasilkan sebuah ilusi gambar bergerak yang disajikan sebagai bentuk hiburan. Banyaknya peminat atau penggemar film, membuat kreasi film makin berkembang seperti film yang diangkat dari kisah nyata atau biografi seseorang. Selain itu terdapat juga film yang diadaptasi dari novel. Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan watak dan sifat setiap pelaku.

Novel pertama yang diadaptasi difilm adalah novel Silence. Novel ini merupakan novel fiksi sejarah 1966 yang ditulis oleh Jepang Shūsaku Endō, dan diterbitkan dalam bahasa Inggris oleh Peter Owen Publishers. Novel ini mengisahkan tentang seorang misionaris Yesuit yang dikirim ke Jepang abad ke-17, yang mengalami penganiayaan pada masa Kakure Kirishitan (Orang-orang Tersembunyi) yang mengikuti kekalahan Pemberontakan Shimabara. Novel ini telah beberapa kali diadaptasi seperti pada versi panggung Endo, The Golden Country, adaptasi lainnya yaitu Masahiro Shinoda mengarahkan film 1971 Silence, sebuah adaptasi dari novel tersebut. Lalu diadaptasi ulang oleh João Mário Grilo sebagai The Eyes of Asia pada tahun 1996.

IMG_20170517_160103.jpg

Pada tahun 2007, sutradara film Amerika Martin Scorsese mengumumkan niatnya untuk mengarahkan adaptasi dari buku yang dia harapkan untuk diputar di musim panas 2008. Pada tahun 2009, diumumkan di Empireonline.com bahwa Daniel Day-Lewis dan Benicio del Toro Ditandatangani untuk membintangi adaptasi film Scorsese. Pada tahun 2013, Andrew Garfield , Liam Neeson , Issei Ogata dan Ken Watanabe dilampirkan, dan film tersebut mulai diproduksi pada bulan Januari 2015. Pada tahun 2014, Adam Driver dilampirkan pada adaptasi film. Pada bulan Januari 2015, Watanabe terpaksa meninggalkan proyek karena masalah penjadwalan dan digantikan oleh Tadanobu Asano . Film ini ditayangkan perdana di Pontifical Oriental Institute di Roma pada tanggal 29 November 2016. Film Silence ini telah mendapatkan penghargaan Cinematography pada nominasi Oscar.

IMG_20170517_203715_334[1].jpg

Film yang diadaptasi novel semakin berkembang, karena banyaknya peminat novel dan berharap novel itu difilmkan. Tentu saja rumah produksi atau pembuat film memilih terlebih dahulu novel apa yang akan dijadikan film mulai dari cerita novelnya yang menarik dan banyaknya peminat novel tersebut. Karena dari banyaknya peminat novel akan membuat ketertarikan sendiri untuk film itu seperti karakter tokohnya, alur ceritanya, pengambilan setting film dan lainnya. Beberapa film yang diangkat dari novel adalah,  The Circle, Laskar Pelangi,  Supernova dan masih banyak lainnya.

Dwi Puji A. (147150473)

kelompok SD.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s