Masjid Raya Al-Azom, Kebanggaan Masyarakat Tangerang dengan Kubah Raksasa

IMG_9815Foto:Mochammad Nanda Febriansyah

Tangerang – Masjid Raya Al-A’zhom yang terletak di Jl. Satria – Sudirman, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten masjid ini unik, keunikannya langsung bisa kita lihat dari kejauhan saat pertama kita melihat bangunan masjid ini, iya keunikannya ada pada kubahnya, karena kubah masjid Al-A’zhom memiliki lima kubah yang sangat besar.

Dikutip dari http://tangerangkota.go.id Masjid Raya Al-A’dzhom  dibangun di atas lahan seluas 2,25 hektar dengan luas bangunan 5.775 meter persegi serta lahan parkir 14.000 meter persegi menjadikan masjid dengan gaya arsitektur timur tengah ini adalah masjid terbesar yang ada di Kota Tangerang. Adapun masjid dengan warna dominan biru langit ini mampu menampung jamaah sebanyak 15.000 orang.

Masjid kebanggan Masyarakat Tangerang ini memiliki lima Kubah berukuran raksasa yang mana lima kubah ini diartikan sebagai rukun Islam yang berjumlah lima poin yaitu Syahadah, Mendirikan Sholat, Menunaikan Zakat, Berpuasa di Bulan Ramadhan Dan Menunaikan Ibadah Haji bila mampu. Masjid ini pun memliki empat pilar tiang yang mana memiliki empat makna dalam ajaran Islam yaitu akidah, akhlak, syariah dan ibadah. Masjid ini pun sering dijadikan pusat kegiatan islami masyarakat Kota Tangerang salah satunya yang paling terkenal yaitu Festival Al- A’dzhom yang diselenggarakan kemarin dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1438 H

IMG_20170504_155535Foto:Mochammad Nanda Febriansyah

Masjid Raya Al- A’zhom pun memiliki galeri islam yang mana kita sehabis menunaikan ibadah sholat di masjid ini bisa juga menambah ke islaman kita melalui buku-buku bacaan islami yang tersedia di galeri islam Masjid Raya Al A’zhom.

IMG_20170504_154835Foto: Mochammad Nanda Febriansyah

Masjid yang selesai pada  28 Februari 2003 ini yang secara langsung di resmikan oleh Menteri Agama saat itu Prof. DR. H. Said Agil Husin Al Munawar. MA. Dengan segala keunikannya ini tak heran banyak manarik simpatik masyarat bukan hanya di wilayah Tangerang saja namun masyarakat daerah lain pun ingin melihat langsung keunikan yang ada pada Masjid Raya Al- A’zhom ini.

 

Berikut Video suasana Majid Raya Al- A’zhom:

 

Nama: Mochammad Nanda Febriansyah

Nim: 1471501161

Kelompok: SE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s