Penjelasan Tentang Biji Kopi Toraja dan Aceh Gayo Arabika Berikut Dengan Penyajian Espresso dan Moccacino

20170514_162138

Kopi Toraja ini sudah ada dari jaman Belanda dahulu. Daerah Toraja terkenal dengan penghasil rempah-rempah terbesar di Indonesia, sehingga membuat kopi Toraja memiliki citarasa yang unik. Jenis biji kopi  ini ditanam di sebuah daerah pegunungan yang cukup tinggi dan berada di Sulawesi. Sapan adalah merupakan sebuah tempat kecil di Sulawesi yang merupakan nama tempat pengumpulan kopi yang ada di daerah sekitarnya. Sedangkan Toraja adalah merupakan nama daerah pegunungan di Sulawesi, tempat tumbuhnya jenis tanaman kopi satu ini. Kopi Toraja memiliki bentuk biji yang lebih kecil dan lebih mengkilap dan licin pada kulit bijinya.

Ciri khas dari jenis kopi Toraja ini adalah dikenal memiliki aroma bau harum yang khas. Dengan rasa serta bau harum dari kopi telah dapat membuat jenis kopi ini telah dapat menjadi brand tersendiri. Jenis kopi ini dikenal memiliki dua jenis kopi yang berbeda yaitu jenis kopi Toraja Arabika dan kopi Toraja Robusta. Kualitas dan juga rasa dari kopi Toraja ini sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, kita juga mengenal berbagai macam jenis proses pengolahan kopi yang terlihat berbeda antara satu jenis kopi dengan kopi lainnya. Seperti terlihat divideo saya, saya mengolah kopi toraja menjadi moccacino.

20170514_162339

Moccacino adalah sebuah minuman yang terbuat dari campuran Espresso, susu, dan cokelat. Mocca hampir sama dengan Cappuccino, yang membedakan adalah campurannya. Kalau Cappuccino tidak menggunakan cokelat tetapi hanya menggunakan susu, sedangkan Mocca menggunakan cokelat dan susu. Coklat yang biasa digunakan adalah berbentuk serbuk atau cair. Penambahan coklat pada minuman ini menjadikan mocha berasa kuat sensai rasa cokelatnya.

20170514_162125

Di Aceh terdapat dua jenis kopi yang di budidayakan yaitu kopi Arabika dan kopi Robusta Dua jenis Kopi Gayo yang sangat terkenal yaitu kopi Gayo Arabika dan kopi Ulee Kareeng (Robusta). Untuk kopi jenis Arabika umumnya dibudidayakan di wilayah dataran tinggi “Tanah Gayo”, Aceh Tenggara, dan Gayo Lues, sedangkan di Kabupaten Pidie dan Aceh Barat lebih dominan dikembangkan oleh masyarakat disini berupa kopi jenis Robusta. Kopi Arabika agak besar dan berwarna hijau gelap, daunnya berbentuk oval, tinggi pohon mencapai tujuh meter. Namun di perkebunan kopi, tinggi pohon ini dijaga agar berkisar 2-3 meter. Tujuannya agar mudah saat di panen. Pohon Kopi Arabika mulai memproduksi buah pertamanya dalam tiga tahun.

Yang saya pakai untuk dijadikan espresso adalah kopi Aceh Gayo Arabika. Saya memilih Kopi Gayo Arabika karena memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Kebanyakan kopi yang ada, rasa pahitnya masih tertinggal di lidah kita, namun tidak pada Kopi Gayo Arabika. Rasa pahit hampir tidak terasa pada kopi ini. Cita rasa Kopi Gayo Arabika yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih yang hampir tidak pahit. Menyeduh kopi ini setiap hari akan memberikan semangat karena rasanya yang nikmat sekaligus dalam sekali teguk.

20170514_162049

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling melalui semburan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau “cepat” karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan. Pembuatan kopi dengan cara memaksa air panas hampir mendidih untuk melewati gumpalan padat dari 7-8 gr. Bubuk kopi yang digiling sangat halus, dengan tekanan optimal sebesar 9 bar, sehingga dapat menghasilkan kopi yang sangat kental dalam waktu antara 20 sampai dengan 30 detik semenjak proses penyeduhan dimulai.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s