Menjadi seorang Master of Ceremony (MC) mungkin bisa dilihat sangat mudah, namun tahukah kalian banyak sekali hal-hal yang perlu dikuasai sebagai MC, salah satunya adalah Olah vokal. Olah vokal berguna untuk para MC agar tidak slip tounge, bisa mengatur nafas dengan baik agar informasi yang disampaikan sangat baik diterima oleh pendengar, menguasai intonasi dan kalimat-kalimat yang disampaikan sangat enak didengar.

Humming

humming.png

Yang pertama kamu harus melakukan Humming dengan menggunakan pernapasan diagfragma ( pernapasan perut ) mengucapkan kata “hmmm”. Lalu letakkan tangan ke punggung, jika punggung terasa bergetar, tandanya humming yang kamu lakukan berhasil.

Lion Face

Untuk melemaskan otot-otot wajah. Muka diciutkan bersamaan dengan mengucupkan jari kedua tangan, kemudian muka dilebarkan sambil menjulurkan lidah, dengan jari yang dikembangkan.

Vokal A I U E O

aiueo.png

Coba kamu menyebutkan huruf A I U E O dengan sangat fokus sehingga otot-otot yang ada dimulut bisa sangat terbiasa jika kamu berbicara.

Bbbrrrrrmmmmm!!

bbrrmm.png

Agar bibir tidak kaku saat berbicara di depan audience, biasakan gerakkan bibir kamu seperti menirukan suara motor gede “BBBRRRMMMMMMM BBBRRMMMM!!!”. Terjadinya slip tounge ketidak cocokan bibir bertemu dengan lidah, menghindari seperti itu makanya lemeshin aja shayyy bibirnya 😀

Goyang Lidah

lidah.png

Goyangkan lidah agar lidah juga tidak kaku saat banyak berbicara agar informasi yang disampaikan tetap tersampaikan dengan baik tanpa ada gangguan slip tounge.

Jadi, gimana? Masih mau jadi MC? Yuk, sering banyak latihan agar kamu bisa jadi MC professional 🙂