IMG_1143

Ga hanya di filem, street dance hampir ada di seluruh  Indonesia. Bagi yang lahir di tahun 80an tari street dance lebih akrab dikenal dengan tari kejang, rambut agak kribo, celana gombrong, dan jaket trainingnya. Ya tari kejang di ketahui pada zaman itu ada Popping dan Breakdance, mungkin karena popping itu dance yang menggunakan otot  dan breakdance itu muter – muterin badan di floor maka terlihat  seperti lagi kejang – kejang, makanya disebut tari kejang di tahun 80an. Street dance hampir redup sekitar tahun 90an dan sempat terlupakan, hingga pada tahun 2000an street dance hadir lagi di indonesia hingga sekarang.

B-boy atau B-girl sebutan untuk penari yang melakukan breakdance, tarian ini sangat extreme, untuk belajar breakdance kira – kira dibutuhkan latihan dengan waktu yang sangat lama, karena membutuhkan stamina, dan konsentrasi yang tinggi. Selain ada breakdance ada juga salah satu streetdance yang lagi banyak digemari yaitu hip hop dance. Walaupun namanya hip hop dance tapi tarian hiphop  pertama yaitu breakdance.   Memang untuk orang awam pasti akan bingung  “kok tari hiphop pertama itu breakdance terus hiphop dance itu apa ?”.

Hip hop sendiri sebenarnya adalah culture, budaya  yang lahir antara pencampuran Afrika-Amerika di kota South Bronx, Amerika Serikat. Mengapa hip hop itu dibilang sebuah budaya, karena hip hop mempunya 4 elemen, musik adat, tulisan adat, bahasa adat, dan tari adatnya, sama halnya seperti budaya lain. Musik adat hip hop sendiri adalah Dj tapi tulisan aslinya deejays, tulisan adatnya adalah grafiti, jadi bila ada orang bilang grafiti budaya selain hip hop maka dia salah besar, bahasa adatnya MC, mc disini lebih dikenal dengan rap, dimana rap itu bebicara atau bernyanyi dengan tempo yang cepat, terakhir tari adatnya hip hop adalah break dance.

Apa yang membedakan hip hop dance dan break dance. mungkin karena seiring waktu dan zaman, breakdance lebih dikenal dengan nama breakdance dari pada hip hop dance. jadi sebenarnya hip hop dance itu lahir karena party dan pertama kali disebut party dance dan seiring waktu namanya berubah menjadi hip hop dance. Selain breakdance dan hip hop dance masih banyak kok jenis streetdance lainnya.

Komunitas streetdance sangat berkembang pesat hampir diseluruh Indonesia, dan banyak juga acara – acara battle streetdance yang berhadiah sangat besar, bisa ada ketangkasan atau adu skill, terus juga bisa mendapat uang. Yang pasti bakal terlihat keren kalo bisa salah satu streetdance, gimana apa kamu tertarik juga ?

 

Nama     : Agung Saul Dodi

Nim        :  1471505675