Perkembangan Sony: PlayStation Dari Masa ke Masa.

CaptuHello sobat gamers! Siapa yang tidak kenal dengan PlayStation (PS)? Yap, produk game kenamaan milik Sony ini kini menjadi rajanya console di antara kompetitor console game lainnya lho. Hal tersebut dibuktikan oleh Sony dengan merajai puncak penjualan console game generasi ke delapan yakni, PS 4 dengan angka penjualan mencapai 35 juta unit pada akhir tahun 2015. Kesukesesan Sony tidak hanya berhenti disitu saja, melalui PS 4 Pro miliknya yang merupakan console update dari PS 4 mereka juga mampu merajai persaingan pasar console game dunia.

Tapi dibalik kesuksesan produk console game milik Sony, tentunya ada sejarah panjang yang dilaluinya. Nah, pasti penasaran kan? dan berikut ini sejarah singkat yang sudah @BelajarCerita rangkum untuk sobat gamers semuanya. Simak ya!

Tahun 1991

Berawal di Chicago pada tahun 1991 di CES yang merupakan tempat pameran produk –produk teknlogi milik Sony, untuk pertama kalinya Sony memperkenalkan konsol game pertamanya yang di beri nama Play Station (PS). PS generasi pertama milik Sony ini mampu membaca kaset milik Nitendo dan CD Rom milik Sony. Yap, sebelumnya Sony memang sudah unggul dalam meciptakan kaset yang berbentuk CD.  Sebenarnya kaset berbentuk CD tersebut sempat ditawarkan kepada Nitendo untuk Super Nes-nya. Namun, pihak Nitendo menolaknya, dan pada akhirnya kerjasama mereka hanya sampai pada produksi audio chip saja yang diproduksi Sony untuk Nitendo. Hingga akhirnya Sony merilis Play Station generasi pertamanya tersebut.

 Tahun  1994

Tahun 1994 merupakan babak baru bagi Sony, dimana mereka merilis konsol gamenya secara komersial di Jepang. Generasi konsol game ini diberi nama oleh Sony yaitu, PlayStation X dan juga dilanjutkan dengan keberhasilannya memproduksi PS One. Nitendo yang kala itu menjadi kompetitor Sony pun juga mengeluarkan konsol game miliknya yaitu, Nitendo 64. Akan tetapi, usaha Nitendo untuk menyaingi Sony pun tidak berhasil karena produk Nitendo sudah dianggap usang karena masih menggunakan format kaset.

Tahun 2000

Nah, untuk kalian para generasi yang memasuki tahun 2000-an pasti sudah tidak asing lagi dengan produk Sony yang satu ini. Ya, PS Two dimana game produksi Rockstar yaitu, GTA San Andreas kala itu menjadi primadona bagi pecinta game.IMG_0241

PS Two milik Sony ini berhasil mendapatkan angka penjualan yang cukup fantastis yakni mencapai hingga 150 juta unit di seluruh dunia, bahkan pada saat pertama kali dirilis sangat sulit untuk mencari PS Two ini lho, sobat gamers!

Tahun 2005

Tahun dimana persaingan konsol semakin ketat, Microsoft muncul dengan merilis Xbox 360 miliknya. Namun, pihak Sony di CES mengumumkan bahwa generasi PS selanjutnya akan segera dirilis.DSC_0089.JPG

Tahun 2006

Akhirnya PlayStation Three resmi dirilis di Jepang dan Amerika Utara oleh Sony. Keunggulan yang dimiliki Sony dengan PS 3 nya yaitu, menggunakan Blu-Ray Disc yang kualitasnya lebih baik dibandingkan Xbox 360 yang menggunakan CD HD.

DSC_0043.JPG

Untuk PS 3 sendiri sudah menggunakan teknologi stick wireless. Namun, jika disandingkan dengan Xbox 360, stick milik Microsoft lah yang paling nyaman digenggaman.

Tahun 2013 – 2015

Memasuki tahun dimana Sony berjaya dengan produk PS 4 (fournya). Sony, juga meluncurkan PS 4 Pro dengan kualitas gambar 4K (lebih baik dari Ultra HD) dengan penyimpanan sebesar 1 TB (Tera-Byte), namun produk ini juga harus didukung dengan televisi yang sudah memiliki kualitas gambar 4K, sobat gamers. Dan mungkin ini yang menjadi alasan mengapa Xbox One milik Microsoft kalah pamor oleh Sony.

Review Perkembangan Sony: PlayStationhttps://www.youtube.com/embed/22OI3wuM8iQpro.JPG

 

Selanjutnya, tampilan yang paling mencolok dari PS 4 ini terutama pada sticknya sobat gamers. Sticknya memiliki lampu berwarna biru pada bagian depan ketika dinyalakan, sticknya juga nyaman untuk digenggam dibandingkan stick sebelumnya milik PS 3. Selain itu, body PS 4 tampak lebih gagah. Pokoknya, elegan dan keren sobat gamers!

DSC_0104.JPG

Nah, setelah membaca perjalan Sony dari masa ke masa dengan produk console game miliknya. Kira-kira sobat gamers udah pernah coba yang mana aja? Dan untuk lebih jelasnya mengenai perkembangan Playstation dan siapa penemunya langsung lihat aja video dibawah ini sobat gamers! semoga menambah wawasan kalian ya;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s