Motor, hampir semua orang pasti memiliki alat transportasi yang satu ini. Tetapi tidak banyak juga, yang mengetahui tentang sejarah roda dua yang satu ini. Motor pertama kali dibuat oleh ahli mesin dari Jerman, yang bernama Gottlieb Daimler. Ia lahir pada 17 maret 1834 di Schorndorf, Wuttemberg. Pria ini dikenal sebagai seorang ahli mesin, pada tahun 1885, ketika dia memasang subuah mesian dengan pembakaran sempurna, pada sebuah sepedah kayu yang dia desain dengan sendiri. Sepeda tersebut memiliki 4 roda. 1 roda depan, 1roda belakang, dan dua tambahan roda di sebelah kanan dan kiri (seperti roda pada sepada anak-anak).

DSC_2897.JPG

Orang yang pertama kali mengendarai sepeda motor tersebut, adalah putra Daimler. Ketika ia mencoba kreasi anaknya pada tanggal 10 November 1885 dengan kecepatan mendekati 10kpj. Beberapa model sepeda motor mulai diperkenalkan di Jerman, Prancis, dan Inggris. Dengan fokus pengembangannya sebagai alat transportasi.

Dengan berjalannya waktu, mulai banyak bermunculan merek-merek motor. Beberapa merek yang sangat terkenal di Indonesia, ada dua nama produk motor yang menguasai pasar Asia, yaitu Honda dan Yamaha. Dalam komponen motor, ada beberapa bagian – bagian yang selalu ada dalam motor saat ini.

  • Bagian Rangka

Bagian ini memiliki peran sebagai tulang pada komponen motor. Yang berfungsi sebagai wadah untuk penempatan mesin, peletakkan kabel system kelistrikan, dan penyangga penumpang yang menaiki motor tersebut.

DSC_2867.JPG

DSC_2871

  • Bagian kelistrikan

Di bagian kelistrikkan ini terdapat ada beberapa perbedaan yang dihasilkan dari pembakaran mesin. Mekanisme kelistrikan dipakai untuk menghasilkan daya pembakaran, untuk proses kerja mesin dan sinyal. Agar menunjang keamanan berkendara, karena dibagian kelistrikkan ini menyalurkan listrik untuk penerangan motor. Ada beberapa bagian kelistriikan yang sering mengalami kedala, yaitu terjadi Regulator comp (yang biasa disebut dengan kiprok), dan Battery (Aki).

DSC_0005_16.JPG

  • Bagian mesin

Bagian mesin adalah sebuah bagian yang bisa dikatakan sebagai salah satu bagian terpenting dalam sebuah komponen sepeda motor. Karena mesin merupakan komponen penggerak dalam sebuah kendaraan bermotor.

DSC_2875.JPG

  • Bagian Kaki-kaki

Bagian kaki-kaki, bagian ini adalah bagian yang menunjang bagi kenyamanan motor saat digunakan. Ada beberapa bagian, seperti Kemudi, Roda, Suspensi (per), Rem, dan Swing Arm (atau biasa disebut dengan sasis).

DSC_2872.JPG

DSC_2869.JPG

  • Bagian body

Bagian body. Bagian ini bisa dikatakan sebagai baju pada motor. Karena body merupakan salah satu daya Tarik bagi motor.

DSC_2863.JPG

Dan untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di video tersebut. Yang kurang lebih memberikan sedikit penambahan informasi,dan sebagai penunjang dari artikel diatas tersebut.