The Entrepreneurship – Westbike Messenger Service

Ardi Danu Saputro_1471505808_SA

 

Jakarta – Jasa pengantaran paket kini tak hanya menggunakan kendaraan bermotor saja, Westbike Messenger Service atau yang lebih akrab dengan sapaan WMS hadir dengan inovasi baru. WMS menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk mengirimkan paket berupa barang, dokumen ataupun makanan. WMS berada di Jakarta Barat, yang berdiri pada tahun 2013. Bisnis ini merupakan gerakan go green yang dicanangkan oleh foundernya yaitu Hendi Rachmat. Sebagian besar kurir WMS merupakan mahasiswa aktif yang juga senang bersepeda terutama menggunankan sepeda jenis fixie. WMS menyediakan layanan pengantaran VIP dan VVIP, dengan harga yang terjangkau dan pelayanannya yang cepat.

     Nah buat kalian yang penasaran dengan awal mula terbentuknya Westbike Messenger Service ini, yuk mari kita simak pemaparan dari Mas Hendi selaku founder WMS :

        WMS kini memiliki 16 kurir yang berusia sekitar 20 tahun. Semua yang terlibat dalam bisnis ini sama-sama mencintai aktivitas bersepeda, tak terkecuali sang pendirinya. Dari hanya sekadar hobi, bisnis unik akhirnya tercipta. Sambil melihat pasar yang berubah karena penetrasi kurir berbasis aplikasi, WMS tengah menyiapkan aplikasi serupa. Tidak hanya untuk keperluan pengiriman dan pengambilan barang, aplikasi yang akan diluncurkan minggu terakhir Februari itu akan menjadi wadah bagi komunitas.

foto4Salah satu kurir Westbike Messenger Service, saat sedang mengantarkan paket.

      Mendapat gagasan dari kota-kota besar, seperti New York, San Francisco, dan California, Hendi coba melakukan sesuatu terkait sepeda, sekaligus menjawab masalah kemacetan Jakarta. Terpikir olehnya untuk merintis usaha kurir dengan sepeda. Hendi, yang tidak menyelesaikan kuliah Ilmu Politik di Universitas Nasional, memulainya dengan membuat survei perilaku pembeli dan penjual barang secara daring. Dari studi yang dia buat, pada hari kerja pukul 09.00-19.00, kebutuhan pengiriman cepat tanpa banyak hambatan jadi mendesak. Penjual tidak ingin membuang waktu dan energi terlalu banyak untuk menyerahkan barang kepada kurir. Terungkap pula, pembeli paling tidak suka menunggu terlalu lama dan ingin barangnya sampai 2-3 jam, bukan 2-3 hari. Hasil survei ini dijadikan pijakan WMS. Salah satunya, WMS menawarkan paket VVIP dengan jaminan dua jam sampai dan VIP yang sampai pada hari yang sama. Order terakhir diterima pukul 19.00. Berikut penjelasannya :

           Ada masanya ketika sepeda fixie meramaikan jalan-jalan di kota-kota di Indonesia. Saat itu, setiap hari tanpa kendaraan (car free day), fixie warna-warni yang ditunggangi anak-anak muda, lelaki dan perempuan, menambah keceriaan di jalan-jalan raya. Banyak yang tumbuh di masa-masa itu, termasuk beragam jenis usaha terkait sepeda di awal tahun 2000. Namun, setelah masa keemasan itu berlalu, mereka yang tumbuh bersamaan dengan fixie tumbang satu per satu. Banyak anak muda yang gandrung dengan fixie karena terseret arus bernama tren lantas beralih ke tren gaya hidup berikutnya. Untuk mereka yang benar-benar gandrung pada fixie, suasana setelah ”badai” yang menyapu fixie ini menyenangkan. Pecinta fixie sejati tampak ke permukaan dan menghidupi kecintaannya yang penuh tantangan. ”Badai menjadi pemilah dan pemicu bagi kami untuk memikirkan menghidupi kegairahan kami pada sepeda fixie,” ujar Hendi.

aaaaaSepeda jenis fixie yang digunakan para kurir WMS sebagai alat transportasi.

      Dewasa ini, WMS yang tradisional harus berhadapan dengan jasa pengantaran dengan fasilitas aplikasi. Terlebih, jasa pengantaran dengan aplikasi itu menawarkan harga yang jauh lebih murah. “Saat ini kami jungkir balik lagi. Tantangan baru bagi kami untuk berinovasi dengan tetap fokus pada movement untuk kebaikan Jakarta,” ujar Hendi yang tengah menyusun strategi baru bagi usaha kurir dengan sepeda di Jakarta. Namun, kata Hendi, WMS tidak tumbang dan meratap. Perubahan tidak disalahkan. Inovasi sesuai perkembangan zaman dilakukan dengan tetap teguh berpegang pada misi awal membuat gerakan untuk Jakarta yang lebih baik. Pelanggan loyal yang memiliki kesamaan visi untuk menjawab persoalan macet dan lingkungan membuat WMS punya tambahan kekuatan. Berikut pesan-pesan dari Mas Hendi berkaitan dengan menjadi seorang entrepreneur :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s