Membuat Original Character

          Original Character? OC? Apaan tuh? Nah, bagi yang enggak tahu, Original Character bisa diartikan sebagai tokoh/karakter ciptaan sobat sendiri tanpa meniru-niru karakter orang lain. Misalnya, kalau sobat terkagum-kagum dengan karakter Handa dari Barakamon atau yang di Handa-kun, sobat nggak boleh membuat original character yang mirip sama Handa itu. Biasanya, OC dibuat oleh para author yang hobi menggambar.
          Masih bingung mau bikin karakter seperti apa? Kalau gitu, biar aku kasih tips-tips yang semoga saja akan berguna bagi kalian.gambar OC

1. Tentukan ‘tema’ karakter
          Nah, inilah langkah pertama. Tema yang dimaksud adalah dimana karakter itu hidup? Apa dia punya kekuatan super? Apa dia manusia setengah kucing? Atau mungkin… Dia adalah seekor binatang? Mainkanlah imajinasi dalam menentukan tema karakter. 
2. Tentukan sifat yang dimiliki
          Buatlah karakter sobat unik dengan sifat-sifat yang tidak seperti orang di dunia nyata pada umumnya. Kali ini, sobat harus membuat karakter yang mempunyai sifat lebih spesifik. Kenapa? Karena, sobat orang dunia nyata, biasanya memiliki sifat yang campur-aduk. Sementara disini sobat harus menentukan hal dasar, yaitu karakter sobat adalah protagonis atau antagonis? Lalu menuju ke jenjang selanjutnya yaitu sifat atau sebutannya tipe karakter yang bakal dibuat. Misalnya, dia baik tetapi mudah marah, tidak bisa jujur pada orang yang disukainya, ceroboh, selalu mengatakan bisa tetapi sebetulnya tidak bisa. Disini, ada beberapa larangan, yaitu sobat tidak boleh mencampur adukkan dua sifat yang sebetulnya bertolak belakang tanpa alasan yang jelas. Misalnya, Yuuna adalah cewek pemalu dan sangat ramah pada teman baru. Nah lho? namanya kan pemalu, jadi dia pasti malu kalau bertemu teman baru. Tapi, jika ada alasan yang jelas dan masih masuk akal, ya bolehlah… Misalnya, Yatogami adalah karakter yang masa bodoh dengan penampilan, menerima dirinya apa adanya, baik, mempunyai mimpi serta tekad yang kuat, Dewa, agak Idiot. Buatlah karakter yang mempunyai sifat unik tapi tidak nyeleneh.
3. Desainlah karakter sobat
          Buatlah rancangan tentang karakter sobat. Apakah bentuk wajahnya akan kotak? oval? Apa matanya akan bulat besar? atau sipit? Tubuhnya lebih baik kurus atau gendut? Sesuaikanlah penampilan karakter dengan sifat-sifatnya. Tetapi bukan berarti sobat tidak boleh membuat karakter yang ternyata memiliki penampilan yang jauh berbeda dengan sifatnya. Pokoknya, have fun aja saat menggambar karakter sobat. Kalau belum menemukan desain yang pas, carilah mbah google dan browsing aja tentang karakter-karakter anime atau apa. Lumayan kan, buat referensi sekalian cuci mata?
4. Tentukan namanya
          Bahkan karakter ciptaan harus punya nama yang kece. Tapi, ingat! Karakternya mau dibikin berasal dari mana? Kalau berasal dari Jepang, buatkanlah nama jepang. Kalau dari Indonesia, buatkanlah nama Indonesia. Tapi, untuk karakter Fantasy, aku rasa sah-sah aja untuk memberi nama apa pun. Kalau aku pribadi, aku sering mengarang nama untuk karakter dari Jepang. Biar unik dan nggak ada yang nyamain. Misalnya Reyzn (Dia memiliki cita-cita ingin menjadi gadis yang periang dan bisa membahagiakan orang disekitarnya akan tetapi dalam waktu yang telah dilewati, ia berubah dari tujuannya tanpa sadar menjatuhkan dirinya sendiri ), Enera, Oxyld, dan lain-lain. Kalau masih susah mikirin nama, cari aja google translate, trus bikin aja nama yang ada artinya dari bahasa entah apa itu. Lumayan kok hasilnya kece juga.
5. Tentukan segala detail soal OC-sobat
           Detail apa lagi? Ya banyak dong. Misalnya, tanggal lahir, umur, makanan kesukaan, dan bahkan soal reaksinya terhadap segala macam situasi. Misalnya, reaksi Reyzn pada cowoknya kalau cowoknya godain dia, dia jadi malu dan salah tingkah (ini bisa dikatakan tsundere). Dan masih banyak lagi. Sekali lagi, bersenang-senanglah saat membuat karakter sobat.
6. Masukkan kelemahan dan kelebihan
          Membuat tokoh yang super perfect? kedengarannya ide yang sempurna. Tapi, sadarkah kalau karakter seperti itu sangat membosankan? Misalnya ada satu karakter yang hanya mempunyai kelebihan seperti pintar, baik hati, enerjik dan suka menolong sesama. Hey? Tidak ada manusia yang sempurna, juga OC yang sempurna. Itu hanya akan membuat karakter terdengar bulshit alias kagak mungkin ada yang kayak gitu. Berilah mereka kekurangan, tapi tetap cintai mereka karena mereka OC sobat. Misalnya, kekurangan Enera adalah dia payah dalam urusan cinta, berteman, dan sosial. Tetapi sangat mahir dalam bidang gaming dan dia termasuk gamers ternama meski tidak ada yang tahu wajah dan nama aslinya.
 IMG_2133
          Eitttss…. Aku hampir lupa! apa yang lupa?! Oia … aku bakalan kasih contoh menggambar OC dari aku buat sobat gambar biar SemangArt!! Apa aja yang dibutuhkan dalam menggambar? Pasti pada tau yaitu Pensil, Penghapus, Penggaris, Jangan lupa kanvas dari hasil karya sobat…. Buku Gambar!! Buat pelengkap biar mempercantik atau memperkeren OC sobat bisa pakai Pensil warna.
 
          Tahap pertama adalah menggambar wajah, mulailah dari bagian dagu. Untuk dagu sesuaikan sama gender OC sobat! yang aku gambar berupa OC cewek (karena cuma bisa gambar character cewek, maafkan aku… huee..huuee…), untuk dagu cewek tidak perlu selancip dagu cowo dan buatlah seperti huruf “U” dengan sedikit dibuat lancipan bagian bawah.
BSNnh1ol4H1

          Setelah itu buat bagian mata, alis, hidung , dan mulut dalam huruf “U” tersebut. Untuk ekspresi bebas sesuai keinginan sobat.
IMG_2150.JPG
Referensi gambar mata:
jenis mata    
Referensi gambar mulut:
mulut
          Jangan lupa pada saat menggambar bagian wajah untuk memberikan ekspresi agar menarik, Contohnya:
Ekspresi sedih                                     Ekspresi Marah                                 
sedih                                       marah
Ekspresi Bahagia                              Ekspresi Terkejut                              
   gembira                                   terkejut
 
Ekspresi Tenang
tenang
           Gambarlah rambut sesuai keinginan sobat, perlu diperhatikan terlebih dahulu jenis rambut yang akan digambar. Misalnya jenis rambut lurus, keriting, bergelombang atau rambut acak. buat separuh bagian dulu atau sepenuhnya juga bisa. Tapi jangan tebal-tebal, bisa sulit menghapusnya nanti pada saat penegasan garis.
referensi gambar rambut cewek:
rambut cewe
Referensi gambar rambut cowok:
rambut cowo
Kalau sudah gambar keseluruhan bagian wajah begini nih:
IMG_2157
          Tahap kedua yaitu Body atau bagian tubuh, buat pola seperti segitiga terbalik, dan bagian tangan dibuat separuh seperti foto setengah badan atau bisa sepenuhnya.
body
           Setelah itu buatlah tangan dan kaki dengan gaya sesuai keinginan, untuk sobat mungkin coba membuatnya dengan melihat tangan sobat sendiri dan untuk kaki bisa lihat di mbah google ya…
Cara menggambar kaki:
kaki
Referensi menggambar tangan:
tangan
Hasil final bagian body keseluruhan akan menjadi seperti ini:
IMG_2156.JPG
 
          Tahap terakhir adalah mempertebal garis dan menghiasi OC dengan pakaian yang bermacam warna. Untuk mengawali penebalan, jangan luba beri gambaran pakaian untuk OC sobat,  setelah itu tebalkan garis dengan pensil warna. Perhatikan cara penebalannya agar tidak buruk saat hasilnya. Berikut tutorial gambarku Via video:
         Nah, itulah tips bagi sobat yang mau membuat OC dan memulai mencoba untuk menggambar. Dalam menentukan sifat karakter sobat, ada baiknya sobat browsing soal berbagai karakteristik dalam tokoh-tokoh anime dan sebagainya untuk menambah wawasan. Dan ingat! cintailah karakter sobat seperti anak sobat gambar sendiri (yah, anggap saja itu anak). Sobat tentu ingin menjadi orang tua yang baik untuk anak-anak sobat kan?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s