1_00000

Packing Ransel  dan mendaki gunung adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Bagaimana tidak, mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan Mountaineering yang memiliki resiko sangat tinggi. Bagaimana tidak, di gunung kita sama sekali jauh dari segala modernisasi dan fasilitas lengkap yang biasa kita nikmati di kehidupan sehari – hari, tidak ada yang mampu memprediksi kondisi alam di gunug. Kita dituntut mencapai batas maksimal diri kita untuk bertahan di alam terbuka, dengan cuaca yang bisa tiba – tiba menjadi ekstrim, peluang adanya binatang buas, minimnya sumber air, dan berbagai tantangan alam lainnya.

Tas carrier memiliki kapasitas yang besar untuk membawa perlengkapan kita selama berada di gunung. Kapasitas yang besar tersebut berpeluang akan membuat berat yang ditanggung oleh tas carrier akan semakin besar, sedangkan tas carrier tersebut akan digendong oleh kita selama kegiatan pendakian. Diperlukan cara packing carrier yang benar agar kita merasa nyaman dan tidak cepat merasa pegal karena membawa carrier selama berkegiatan di gunung.

Oleh karena itu, peralatan yang kita persiapkan saat packing carrier untuk mendaki gunung haruslah diperhatikan dengan benar. Banyak pendaki yang tidak memperhatikan tentang hal ini, biasanya karena mereka sudah pernah mendaki gunung tersebut sebelumnya, atau karena waku pendakian yang hanya 1 malam, atau karena hal lain, sehingga mereka tidak mementingkan peralatan yang dibawa, dan menyepelekan pendakian.

1. Kelompokan Barang

Pengelompokan barang dimaksudkan untuk mempermudah dalam pencarian barang tersebut ketika diperlukan. Pengelompokan barang juga akan mengurangi resiko lupa akan seuatu barang, karena biasanya satu barang akan berhubungan dengan benda lainnya. Semisal saat Anda mengambil tabung gas, pasti Anda akan memeriksa dimana kompor dan alat masak lainnya.

2. Lapisi bagian dalam carrier dengan trashbag / plastik sampah

Selalu lapisi bagian dalam carrier dengan trashbag / plastik sampah berwarna hitam berukuran besar. Sepele namun sangat penting, karena trashbag dapat melindungi barang – barang anda dari basah pada saat hujan, atau dari dinginnya suhu gunung yang sering mengakibatkan kondensasi dan munculnya embun, biasanya sering terjadi pada pakaian atau jaket kita, terkadang menjadi basah tanpa sebab.

3. Perhatikan Susunan Barang Pada Ransel

 

asd_00000.jpg

Susunan barang dalam ransel anda akan sangat mempengaruhi beban dan kenyamanan pergerakan tubuh anda. Salah posisi penempatan barang akan membuat punggung anda tak nyaman saat memikul beban sambil berjalan di medan yang terjal. Maka dari itu perhatikanlah susunan barang pada gambar di atas.

Dengan distribusi beban yang tepat pada ransel yang anda bawa, tubuh anda akan terasa lebih nyaman dalam memikul beban selama perjalanan berlangsung.

QUOTE

“It is not the mountain we conquer but ourselves.” — Edmund Hillary

(Bukan gunung yang kita kuasai, tapi diri kita sendiri.)