IMG_20170519_232109[1]

Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada kita semua kaum Muslim. Sholawat serta salam juga kita curahkan kepada Manusia terbaik, Manusia yang mulia jalur nashabnya, penutup risalah para nabi, tidak lain nabi besar Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabat sahabatnya. Tabi’in wa tabi’t tabi’in. Kriteria sifat pemimpin dalam Islam bisa kita petik dari safat Nabi Muhammad SAW. Kita semua kaum mukminin juga akan menjadi pemimpin kalau kita sudah berkeluarga tirulah sifat dari Rasul kita.
1. SHIDDIQ
Shiddiq artinya adalah benar, benar dalam perkataan dan diiringi oleh perbuataannya yang benar, Pemimpin Muslim sekarang benar perkataannya namun perbuatannya tidak sesuai dengan perkataannya.
2. TABLIGH
Tabligh mempunyai arti menyampaikan wahyu kepada umatnya. Yang tidak akan berbuat curang dalam menyampaikan ajaran Allah swt kepada umat. Mustahil jika Nabi dan Rasul kitman (menyembunyikan wahyu)
3. Amanah
Amanah berarti dapat di percaya. Sebelum di angkat menjadi rasul Nabi Muhammad dapat gelar al-amin (yang dapat di percaya). Tidak mungkin juga bersifat khianat (curang). Seorang pemimpin harus dapat di percaya oleh keluarga dan orang banyak, yang menaruh kepercayaan pada mereka.
4. Fathanah
Fathanah artinya cerdas atau pandai. salah satunya cerdas dan pandai dalam menyusun strategi dan taktik dalam perang melawan kaum quraisy, hampir semua peperangan yang di pimpin oleh nabi Muhammad saw mendapat kemenangan kecuali perang uhud yang hampir gagal karena ketidak patuhan pasukan pemanah. Strategi dan taktik dalam berhijrah ke madinah untuk menghindari ketahuan oleh kamu quraisy. Kecerdasan dalam berdebat dengan kaum kafir. Pemimpin harus cerdas dan pintar agar menemui situasi yang sulit agar tidak mudah di pengaruhi oleh orang lain agar dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat tidak bimbang dan harus tegas dalam mengambil keputusan.