SANG GURU BESAR SILAT BETAWI DARI RAWA BELONG

IMG_6831

Kong Nunung adalah sesepuh betawi dari kampung Rawa Belong, Beliau lahir 15 agustus 1948 di daerah Rawa Belong Kebon Jeruk Jakarta Barat dengan nama Nur Ali Akbar. Dengan usia yang sudah tidak muda lagi beliau masih terlihat tegap dan lincah, bicaranya pun masih lugas dan kadang mengundang tawa. Kong Nunung lahir dari keluarga sederhana , pekerjaan sehari-hari orang tuanya adalah kusir delman. Dengan kondisi sederhana tidak membuat Kong Nunung putus asa dan menyerah. Bermodal kemauan yang kuat dan dorongan kedua orang tuanya Kong Nunung dapat terus sekolah sampai tamat hingga sekolah tingkat lanjutan di Sekolah  Persatuan Guru  (SPG) I di bilangan Setia Budi Jakarta Pusat. Beliau tamat SPG th 1969, lalu menjadi guru SD, dan itu dilakoni beliau sampai pensiun.

Selain itu Kong Nunung dikenal sebagai guru besar silat betawi dan salah satu pendekar betawi terkenal mempunyai banyak aliran silat, Kong Nunung  sangat hobby mempelajari aliran aliran beladiri. Awal mula Kong Nunung  hobby mempelajari beladiri, saat orang tua dari Kong Nunung yaitu H. Asnawi sering bercerita tentang silat cingkrik. Pada tahun 60-an Kong Nunung belajar Cingkrik dari ki Legod murid ki Ali, (Ki Ali adalah guru dr Kong Sinan dan Kong Goning). Merasa kurang puas belajar cingkrik dengan hanya dari satu guru, Bang Nunung belajar lagi dengan Ki Ayat, Ki Uming, Ki Ajid, Bang Entong dan Bang Hamdan, pendekar-pendekar cingkrik ternama di masanya dan beliau belajar juga cingkrik dr aliran Ki Wahab murid Ki Saarie.

Kong Nunung mengajar silat cingkrik dari umur 14 tahun hingga hampir 30-an tahun. Lalu beliau melanjutkan dengan membuka perguruan GERAK RASA SANALIKA. Dulu hampir tiap hari orang dari berbagai aliran beladiri datang menjajal beliau dirumahnya dan Kong Nunung menunjukan bahwa beladiri silat asli bisa dibanggain, Alhamdulillah beliau belum pernah kalah.

Beberapa aliran silat yang dipelajari Kong Nunung antara lain :

  1. Cingkrik: beliau salah satu pewaris silat cingkrik, dan salah satu tokoh yg hafal silsilah silat cingkrik.
  2. Gerak Saka: beliau juga salah satu penerus silat Gerak Saka. belajar langsung dari Bang Pi’i dan sempat belajar juga dari guru Bang Pi’i raden Widarma, dan disarankan oleh Bang Pi’i langsung untuk membuat perguruan silat Gerak Rasa Sanalika
  3. Gerak Rasa Kari Madi aliran cikalong (jurus sepuluh): belajar dari, Bang Usman bin Entong, Bang Marga, Bang Sain, Bpk Wijaya, Bang Mahmud yang semuanya adalah murid Bang Entong, Bang Entong berguru kepadaPak Luwi (keturunan Belanda) murid Gan Didi. Dalam gerak rasa sanalika Bang Nunung juga memadukan Gerak Saka dengan Gerak rasa sanalika, denga fondasi utama tetap pada gerak Saka.
  4. Silat Sinding dari kalimantan Bang Nunung belajar dari Bapak Nurdin murid Kong Niming, dan Abdul Rahman anak Kong Niming.
  5. Gerak Per: gerak per adalah silat aliran seperti gerak saka dan rasa dari tasik, Bang Nunung belajar gerak Per dari Bpk Rais Barais.
  6. Beksi Betawi: Bang Nunung belajar beksi dari Bang Kibok.
  7. Silat Sabeni: adalah silat Betawi yg terkenal dengan jurus kelabang nyebrang beliau belajar Bang Juned.
  8. Kungfu : sempat belajar kungfu dari ko Ahim di palmerah. Sekarang Kong Nunung sudah tidak mengajar lagi, karena sudah tua.

Sekarang Kong Nunung sudah tidak mengajar lagi, karena sudah tua. Kong nunung lebih sering ke pengajian yg memang beliau hobby dari dulu, dan beliau sering mengumpulkan tokoh-tokoh pendekar Betawi untuk acara silaturrahmi dan pengajian, “jangan sampe jawara lebih dikenal sebagai jagoan yg nakutin atau nyeremin orang”, begitu katanya. Sekarang untuk ngajar diserahkan ke murid-muridnya. kehidupannya dijalani seperti orang desa yg bersahaja, tidak terlihat sebagai orang hebat, tiap hari dia sempatkan untuk melatih fisiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s