IMG20170520113246[1]Bangka Belitung terkenal akan keindahan pantai yang menjadi destinasi utama para pelancong. Jika anda datang hanya ingin mengunjungi pantainya saja tentu tidak seru kalo belum mencoba kulinernya. Kuliner khas dari Bangka Belitung ini yaitu pasti menyangkut soal ikan. Banyak kuliner tradisional Bangka yang menjadikan ikan sebagai bahan utamanya contohnya, kempalng atau kerupuk bangka, gulai nenas, dan yang satu ini yang akan kita bahas yaitu Rosep.

Rosep merupakan hasil dari permentasi ikan. Cara pembuatannya tentulah tidak singkat. Ikan yang digunakan adalah ikan teri dan dicuci hingga bersih,  kemudian diberi bumbu. Masukan ikan yang sudah diberi bumbu kedalam wadah yang memiliki tutup dan kencangkan tutup hingga rapat lalu masukan botol kedalam tanah hingga menutupi semua bagiannya atau menguburnya. proses mengubur ini yang memakan waktu hingga atu bulan lamanya.

IMG20170520113528[1]

Rosep biasanya disajikan dengan lalapan. Jika pada umumnya lalapan disajikan dengan sambal mungkin rosep dapat disajikan sebagai pengganti sambal. Namun rasanya tidak sama seperti sambal. Berikut adalah proses pembuatan rosep sebagai pendamping lalapan.

IMG20170520111916[1]