Bola basket adalah olahraga yang cukup banyak peminat nya di Indonesia, meski olahraga ini awal nya berasal dari Amerika. Sejarah nya perkembangan Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga yang bernama James Naismith, pada tahun 1891. Dia adalah seorang guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts. Naismith harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England.

foto basket

Kalian pasti terkejut dan tidak menyangka bahwa olahraga ini di temukan tanpa sengaja dan niat awalnya hanya untuk mengisi waktu para siswa di musim dingin, di karena kan jika musim dingin datang aktifitas di luar ruangan akan di kurangi karena suhu nya amat sangat dingin. Kita lanjut lagi yah sedikit tentang sejarah nya.

Naismith terinspirasi dari permainan yang dahulu pernah ia mainkan saat kecil di Ontario. Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. Beredar cerita, setelah menolak beberapa gagasan karena dianggap terlalu keras dan kurang cocok untuk dimainkan di gelanggang-gelanggang tertutup, Naismith lalu menulis beberapa peraturan dasar, menempelkan sebuah keranjang di dinding ruang gelanggang olahraga, dan meminta para siswa untuk mulai memainkan permainan ciptaannya itu. Pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja James Naismith. Basket ball (sebutan bagi olahraga ini dalam bahasa Inggris), adalah sebutan yang digagas oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun menjadi segera terkenal di segala penjuru Amerika Serikat.

Awal nya olahraga ini bisa masuk ke Indonesia bukan di bawa oleh bangsa Amerika Serikat, melainkan oleh bangsa Cina yaitu pada tahun 1920-an, pada gelombang perantau-perantau dari Cina masuk ke Indonesia. Mereka pun membawa permainan basket yang sudah 20th dikembangkan di sana. Para perantau itu membentuk komunitas sendiri dan mendirikan sekolah Tionghoa. Akibatnya, basket cepat berkembang di sekolah-sekolah Tionghoa. Dan di sekolah-sekolah Tionghoa itu olaharaga bola basket menjadi salah satu olahraga wajib bagi para siswa. Pada era 1930-an perkumpulan-perkumpulan basket mulai terbentuk di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, surabaya, dan kota-kota besar lain nya. Pada PON (Pekan Olahraga Nasional) I (1948) di Solo, bola basket dimainkan untuk pertama kali di level nasional.