Palang Pintu adalah suatu  tradisi adat yang ada dalam pernikahan orang betawi, Biasanya Palang Pintu ada dalam pernikahan orang betawi saat calon pengantin pria berserta rombongannya datang ke kampung atau ke rumah calon pengantin wanitanya pada saat hendak melamar pengantin wanita. Palang Pintu secara bahasa terdiri dari dua kata Palang dan Pintu. Palang dalam bahasa Betawi adalah penghalang agar orang lain atau sesuatu tidak bisa lewat, Pintu adalah pintu jadi bisa diartikan Palang Pintu adalah tradisi Betawi untuk membuka penghalang orang lain masuk ke daerah tertentu dimana suatu daerah mempunyai jawara sebagai penghalang atau palang dan biasa di pakai pada acara pernikahan atau besanan.

IMG-20170506-WA0020

Di dalam proses Palang Pintu ini berlangsung adu pantun dan silat di antara Palang Pintu pria dan wanita yang dimana nantinya palang pintu wanita kalah dan memberikan jalan masuk untuk calon pengantin pria, Pantun dan silat memiliki maknanya sendiri-sendiri pantun memiliki makna bahwa seorang pria harus bisa membuat  keluarganya nanti ceria atau bahagia dan silat memiliki makna bahwa pria harus bisa memiliki kemampuan untuk menjaga atau melindungi keluarganya, Ada juga sholawat serta Qori untuk membacakan lantunan ayat suci Al-Quran yang memiliki makna pria harus bisa menjadi imam yang baik untuk keluarganya biasanya pembacaan ayat suci Al-Quran ini dibacakan setelah beradu pantun dan silat.

IMG-20170520-WA0001

Tradisi palang pintu  awalnya berasal dari betawi tengah dan Betawi kota, Betawi pinggiran biasa menyebut palang pintu dengan  sebutan rebut Dandang. Seiring berjalannya waktu, Sekarang palang pintu tidak hanya untuk proses pernikahan orang Betawi. Sekarang palang pintu juga dipakai untuk menyambut pejabat datang ke suatu daerah.

Pada tanggal 6-7 mei 2017, Jakarta menyelenggarakan Festival Palang Pintu yang ke-12 yang berlokasi di JL. Raya Kemang Jakarta Selatan. Festival ini mempertunjukan segala sesuatu yang berkaitan dengan tradisi Palang Pintu, Mulai dari menghadirkan kedua mempelai pengantin hingga mendatangkan jawara silat Betawi. Para pemantun pun juga tidak ketinggalan mengisi festival yang berlangsung dua hari ini.

IMG-20170520-WA0000

Sejarah Palang Pintu Betawi

Adu Pantun dan Silat