Penulis : Muhamad Rafli Ramadhan
NIM : 1471503332 / SA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baiknya nikmat berupa iman dan islam. Salawat serta doa keselamatan terlimpahkan selalu
kepada Nabi Agung Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

Pada artikel ini, saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya miliki, yaitu tentang tajwid. Membaca Al-Quran merupakan suatu ibadah dan jembatan menuju
pemahaman dan pengalaman. Kemampuan membaca aksara Arab semata, belum cukup bagi sesorang untuk dapat membaca Al-Quran dengan baik sebagaimana dianjurkan Rasulullah SAW.
Dibutuhkan ilmu yang menuntunnya, yaitu ilmu Tajwid. Diantara ilmu-ilmu yang berkisar tentang Al-Quran tersebut adalah ilmu Tajwid. Para ulama dari zaman ke zaman telah menuntun kaum Muslimin dengan ilmu ini.
Ilmu yang bermanfaat,yang mengajarkan tata cara melafalkan huruf demi huruf dalam Al-Quran, sehingga hak-hak huruf dipenuhi sebagaimana mestinya dan hukum-hukum bacaan diterapkan secar benar.
Seluruhnya bermuara, agar Al-Quran tetap terpelihara sepanjang masa. Jadi apa sih ilmu Tajwid itu?
Ilmu Tajwid adalah ilmu yang memberikan segala pengertian tentang huruf, baik hak-hak huruf (haqqul harf) maupun hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf (mustaqqul harf)
dipenuhi, yang terdiri atas sifat-sifat huruf, hukum-hukum mad dan lain sebagainya.
Pengertian sederhana nya adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengucapkan huruf dalam Al-Quran.

Pentingnya Mempelajari Ilmu Tajwid.

Mengapa Tajwid itu penting?
Membaca Al-Quran adalah kewajiban setiap muslim, karena membaca Al-Quran adalah salah satu rukun Islam yang harus dipatuhi. Hukum mempelajari Ilmu Tajwid sebagai disiplin ilmu adalah fardhu kifayah, artinya adalah
mempelajari Ilmu Tajwid secara mendalam tidak diharuskan bagi setiap orang, tetapi cukup diwakili oleh beberapa orang saja. Namun, jika dalam satu kaum tidak ada seorang pun yang mempelajari Ilmu Tajwid,
maka berdosalah kaum itu.

Adapun hukum membaca Al-Quran dengan memakai aturan-aturan tajwid adalah fardhu ain atau merupakan kewajiban pribadi. Membaca Al-Quran sebagai sebuah ibadah haruslah dilaksanakan sesuai ketentuan. Ketentuan itulah yang terangkum dalam Ilmu Tajwid. Dengan demikian, memakai Ilmu Tajwid dalam membaca Al-Quran hukumnya wajib bagi setiap orang, tidak bisa diwakili oleh orang lain.
Apabila seseorang membaca Al-Quran dengan tidak memakai tajwid sedangkan ia sudah memahami ilmu tajwid, maka hukumnya ia berdosa.
Macam-Macam Nun Mati atau Tanwin :

1. Izhar
Izhar berarti jelas, yaitu mengeluarkan setiap huruf dari makhrajnya tanpa memakai dengung pada huruf yang di-izhar-kan.
Huruf izhar ada 6 yaitu :

huruf-izhar-halqi

 

Contoh izhar dalam QS Al-Bayyinah:98

Izhar

2. Idgham
Idgham adalah bertemunya huruf yang bersukun dengan huruf yang berharakat sehingga kedua huruf tersebut menjad satu huruf yang kedua menjadi bertasydid dan ditahan dua harakat atau dua ketukan.
Idgham terbagi dua :
– Idgham Bighunnah
Secara bahasa, Idgham berarti memasukan, bighunnah artinya dengan dengung, jadi apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf Idgham yang empat (Ya’,Mim,Wau,Nun) maka dinamakan Idgham Bighunnah.
-Idgham Bilaghunnah
Bilaghunnah artinya tidak memakai dengung.Jadi,apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf dari idgham yang dua (lam dan Ra’), dinamakan idgham bilaghunnah.

Huruf Idgham ada 6, yaitu :

huruf-idgham

Contoh dari Idgam Bighunnah dalam QS Al-Bayyinah:98

Idgham Bighunnah

Contoh dari Idgham Bilagunnah dalam QS Al-Fajr:89

Idgham Bilaghunnah

3. Ikhfa
Ikhfa artinya samar, yaitu apabila nun mat atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ikhfa yang berjumlah lima belas maka disebut dengan ikhfa dan dibaca samar serta ditahan dua harakat atau dua ketukan.
Huruf ikhfa ada 15, yaitu :

huruf_ikhfa

Contoh dari Ikhfa dalam QS Al-Bayyinah:98

Ikhfa

4. Iqlab
Iqlab adalah memindahkan sesuatu dari bentuk asalnya ke bentuk lain. Apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf iqlab ,maka keduanya ditukar kepada mim tetapi hanya dalam bentuk suara, tidak dalam bentuk tulisan.
Huruf iqlab ada 1, yaitu :

huruf_iqlab

Contoh dari iqlab dalam QS Al-Bayyinah:98

Iqlab

Sekian ulasan tentang hukum bacaan Nun Mati atau Tanwin, semoga apa yang saya tulis dan saya sampaikan dalam artikel ini bisa menjadi hal yang bermanfaat buat teman-teman semua. Apabila terdapat kesalahan atau jika saya menyampaikannya kurang jelas, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Watch this review on Youtube channel :