Sambal. salah satu jenis makanan yang sangat disukai oleh orang Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan sambal makanan yang berbahan utama cabai ini, cita rasanya yang pedas yang membuat kita menjadi naafsu makan jika ada sambal. Tapi tidak sedikit orang yang tidak suka dengan sambal, karena sebagian orang ada juga yang tidak menyukai cita rasa pedas atau lebih menyukai maakan atau makanan yang rasanya manis. beda dengan saya yang sangat suka dengan sambal karena menurut saya ketika kita makan tidak lengkap rasanya kalau tidak ada rasa pedas di mulut, karena makan tidak ada sambal itu hampa menurut saya.

IMG20170518192048
Gambar 5 macam sambal yang saya pesaan di spesial sambal, Tangerang Karawaci

gambar diatas adalah gambar 5 macam sambal yang saya pesan ketika saya sedang makan di “Spesial Sambal”, tepatnya di daerah tangerang karawaci. yang berlokasi di Taman Ubud. Restoran yang bertemakan atau bernuansa Indonesia tersebut memiliki puluhan jenis menu sambal. Dari mulai sambal yang level kepedasan rendah hingga sambal yaang membuat anda merasa sangat  pedas. Restoran tersebut pernah mendapatkan rekor muri dengan menu sambal terbanyak.

IMG20170518192004
hasil foto pesanan menu yang saya pesan sudah jadi, Spesial Sambal. Tangerang Karawaci.

Pada saat itu saya dan teman saya sengaja memilih lauk utama ikan goreng, karena kami berdua memang sangat suka sekali dengan ikan. Dan dari sekian puluhan jenis sambal kami berdua memilih 5 macam sambal yang menjadi menu pilihan di restoran tersebut. sebenernya sih ada 10 menu sambal yang menjadi fafvrit di restoran tersebut. cuma kami memilih 5 dari sepuluh menu sambal fafvorit di restoran tersebut karena. 5 sambal sambal yang kami pesan itulah sambal yang bisa diibilang tingkat kepedasannya diatas rata rata atau restoran tersebut menyebutnya pasukan sambal setan.

IMG20170518192652.jpgIMG20170518192704.jpg

lima jenis sambal yang saya pesan itu ada sambal terasi mentah, sambal terasi goreng matang, sambal belut, sambal remplo ati, dan sambal bajak. Itulah yang di anmakan restoran tersebut degan pasukan sambal setan. cita rasa pedas yang ada pada diri saya memang sudah ada pada saat saya kecil, jadi pada saat saya kecil saya sangat suka sekkali makaanan atau masakan nenek saya yang berbau atau bercita rasa pedas. Dirumahpun ketika nenek saya masak itu pasti ada 1 atau dua sambal yang sengajaa di siapkan untuk makan. karena keluarga saya yang dominan beraasal dari daerah jawa barat oleh karena itu tidak heraan untuk saya dan keluarga saya menyukai sambal dan makanan atau masakan yang bercita rasa pedas.

IMG20170518192940
foto menu pesanan saya pada saat di Spesial Sambal, Tangerang Karawaci

Jadi buat kalian penikmat masakan atau makanan bercita rasa pedas restoran “Spesial Sambal” ini cocok sekali untuk memanjakan mullut kalian dengan puluhan menu sambal khas Indonesia. Dan biat kalian yang kurang menyukai jangan khawatir, seperti yang sudah saya bilang diatas restoran ini menyediakan puluhan menu sambal mulai dari level kepedasan yang rendah sampai yang benar benar pedas. Spesial Sambal sekarang sudah membuka cabang di berbagai daerah terutama di jakarta, Tangerang dan sekitarnya. jadi jangan lupa jika kalian ingin menikamati kuliner khas Indonesia dengan cita rasa pedas restoran “Spesial Sambal” sangat cocok untuk kalian dan harganya sangat…sangat…sangat terjangkau.

Penulis : Mochamad Firmansyah

NIM: 1471503571

DIGITAL MEDIA (SA)