asdasdas_00000Pada prinsipnya, membeli tenda jangan hanya berdasar nama atau model saja. Beranilah cerewet dengan minta dibuka dan diberdirikan, kecuali sudah pernah punya tenda sejenis atau meminjam temen. Yang jelas, berusahalah pegang secara fisik.

Nah, bagaimana cara mengetahui ciri-ciri tenda yang cocok untuk mendaki gunung? berikut mudah-mudahan tips ini bisa membantu teman-teman dalam memilih tenda yang cocok.

1. Tinggi Tenda

Pilihlah tenda yang lebih rendah konstruksinya. Tinggi tenda setidaknya maksimal 1 meter atau 40 inci. Ini berdasar pengamatan tenda-tenda di luar negeri rataa-rata tingginya 1m atau dibawahnya. Seperti biasa, makin tinggi tenda makin besar daya tangkap anginnya.

2. Bahan Tenda

Perhatikan bahan tenda pilihlah yang dari nylon jangan pilih tenda yang terbuat dari kain katun bahan bagian dalamnya (inner) terbuat dari katun. Bahan nylon cocok untuk iklim Indonesia yang bersuhu Lembab.

3. Jahitan Tenda

Perhatikan apakah jahitannya sudah diberi seam seal atau didoubel lapisan plastik. Perhatikan pula apakah keempat sudut tendanya terangkat atau malah sejajar dengan tanah saat didirikan. Sebaiknya cari tenda yg sudah ada seam pada jahitanya dan kalau bisa cari yang pojok-pojoknya terangkat beberapa cm dari permukaan (bath tub type).

4. Flysheet

Tenda untuk pendakian gunung harus mempunyai lembar flysheet nya, kecuali tenda yang single tent yang terbuat dari bahan breathable garmen yang bisa menahan air tapi kondensasi dalam tenda bisa keluar.  Flysheet sangat berguna untuk melindungi tenda bagian dalam dari hujan, flysheet yang bagus adalah yang menutup tenda hingga kebawahnya.

5. Bobot Tenda

Pilihlah tenda yang masuk akal beratnya dan dimensi yang kecil pada saat di packing. Selain untuk kepraktisan juga sangat membantu ketika harus dibawa-bawa dalam carrier.

6. Kepkraktisan

Usahakan memilih tenda yang mudah dan praktis saat dirakit atau digunakan .

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memilih tenda untuk kegiatan pendakian gunung. Untuk mempermudah temen temen bisa langsung cek videonya dibawah.

untuk foto_00000Quotes

Each fresh peak ascended teaches something

(Sir Martin Convay)