Kapankah Awal Puasa Tahun 2017?

Kenapa tahun masehi 2017?

Beberapa kawan yang jauh lebih arif daripada saya, mungkin akan protes dengan judul tulisan ini. Karena memang patokan untuk berpuasa bagi umat Islam bukan berpatokan pada kalender gregorius -yang lazim disebut kalender masehi- yang menghitung jumlah hari dalam satu tahun berdasarkan jumlah revolusi bumi mengelilingi matahari (tahun syamsiyah).

Kewajiban berpuasa bagi umat Islam berpatokan pada penanggalan hijriah, yang tahun pertamanya ditandai dengan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Kalender hijriah menggunakan peredaran bulan sebagai acuan (tahun komariyah).

Kembali pada pertanyaan di atas, kenapa judul nya menggunakan patokan waktu tahun kalender masehi?; jawabannya karena kita lebih sering mencari patokan berdasar patokan kalender masehi tersebut.

Itu fakta, silakan cek mesin pencari google kalau tidak percaya ūüėÄ

Penentuan awal Ramadhan (dan juga hari Raya Idul Fitri) secara umum dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu menggunakan hisab dan/atau rukyat. Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan.

Sementara rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal hilal, yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi). Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu optik seperti teleskop. Rukyat dilakukan setelah Matahari terbenam.

Screen Shot 2017-05-22 at 6.12.03 PM

Hilal hanya tampak setelah Matahari terbenam (magrib), karena intensitas cahaya hilal sangat redup dibanding dengan cahaya Matahari, serta ukurannya sangat tipis. Apabila hilal terlihat, maka pada petang (maghrib) waktu setempat telah memasuki bulan (kalender) baru Hijriyah. Apabila hilal tidak terlihat maka awal bulan ditetapkan mulai maghrib hari berikutnya (sumber: Wikipedia).

Di Indonesia, dua organisasi terbesar kaum muslimin -yaitu Muhammadiyah dan Nadlatul Ulama- menggunakan kedua cara di atas. Muhammadiyah biasa menggunakan rukyat, sementara Nadlatul Ulama menggunakan hisab. Saling melengkapi bukan?

Iya, saling melengkapi, dan terkadang saling berbeda hasilnya. Hehe

Karenanya, Kementerian Agama RI setiap tahun menggadakan sidang isbat (sidang penetapan, penentuan) dalil syari’i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi, dalam hal ini adalah menyangkut awal bulan Ramadhan (sumber: Ensiklopedi Hukum-Hukum Islam Republika).

Kembali ke pertanyaan di atas, “jadi kapan awal Ramadhan tahun 1438 Hijriyah?”

Jawabnya alhamdulillah sudah ada, walau baru berasal dari Muhammadiyah yang sudah mengeluarkan maklumat tertanggal 1 Maret 2017, bahwa tanggal 1 Ramadhan 1438 Hijriyah jatuh bersamaan pada Sabtu Pahing 27 Mei 2017.

Sejumlah berita menyangkut penetapan awal bulan Ramadhan 1438 Hijriyah, yang berada di tahun 2017 Masehi silakan dicek disini dan disini

MAKLUMAT-RAMADAN-1438H-a (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s