GOR Soemantri, Saat ini kegiatan yang berbau petualangan sedang buming di Indonesia. terutama kegiatan seperti Wall climbing, Mendaki gunung serta Arus Liar. namun untuk para pemula merasa bingung untuk memulai kegiatannya, dikarnakan takut karna pemberitaan akhir-akhir ini yang sangat banyak terjadi kecelakaan di kegiatan yang penuh tantangan sekaligus beresiko ini. dalam artikel ini kita akan membahas satu kegiatan olahraga yang menggunakan tali temali, ada yang tahu ?
iya, bener banget. penulis akan membahas tentang wall climbing namun bukan cara naik papannya yang banyak point-pointnya, tapi lebih membahas tentang bagaimana cara teknik yang baik, tapi tenang aja nanti kita akan membahas juga sedikit tentang alat-alat wall climbing. nah untuk kalian yang ingin sekali mencoba olahraga yang satu iniSejumlah Pemanjat  harus memiliki keahlian khusus, tidak sembarang orang untuk menjajal dan sekedar mencoba.

nah didalam sebuah olahraga outdoor seperti wall climbing ini yang pertama memang harus memiliki badan yang lentur, nah bagaimana cara agar badan kita menjadi lentur ? yang pertama setiap orang yang ingin mencoba wall climbing harus pemanasan, pemanasan disini mencoba menaiki beberapa point-point pada dinding panjat.panjat 1pemanasan disini sangat berpengaruh untuk ketahanan fisik seseorang dalam menaiki papan panjat, dan pemanasan kedua disebut pull up, nah pemanasan ini sangat sering dilakukan oleh atelit panjat tebing atau untuk orang awam yang pertama kali memulai pemanasan, dari pull up ini akan menguatkan kita terhadap otot-otot tangan dan lengan, nah belajar tali temali, untuk proses ini harus dicermati sebaik mungkin. dari sini kalian bisa mengetahui
cara- cara dalam membuat simpul tali agar tidak salah dalam membuat simpul di ketinggian ataupun dalam proses panjat. dari pemanasan di atas dan mencoba berlatih tali temali, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kondisi fisik. mengapa kondisi fisik ? karna setiap pemanjat tebing jika kondisi fisik kita mudah lelah atau tidak dalam ke adaan bugar, pada saat pendakian kita akan mudah jatuh dan tidak konsentrasi dalam pijakan tangan maupun pijakan kaki. dan pada saat selesai melakukan kegiatan panjat tebing hal ini yang perlu diperhatikan, yaps.. betul sekali Pendinginan, pendinginan disini meliputi olah tubuh agar badan kita bugar kembali setelah melakukan latihan panjat tebing dan agar tidak sakit diantara lengan, panggal paha, kepala, dan jari jemari. dan untuk kalian yang ingin sekali ikut latihan dateng aja langsung ke GOR Soemantri Pasar Festival Kuningan Jakarta, weekend jam 4 sore. dan kalian bisa pantengin terus lanjutan artikel ini dengan topik yang lain, pastinya lebih seru dan layak untuk dibaca sama kalian.

( Ade Djuliana, Jakarta )