IMG20170523095138

Kuliner yang menyajikan ikan sebagai menu utama sangat beragam. Menu ikan yang disajikan pada daerah Bangka Belitung ini menarik minat pencinta kuliner yang gemar akan cita rasa pedas manis dan asam. Biasanya masyarakat Bangka Belitung menyebutnya dengan Ikan Masak Pindang Tenges. Ikan yang di gunakan pada masakan ini beragam misalnya, ikan patin, ikan kembung, dan jenis ikan lainnya.

IMG20170523091635

Bahan-bahan yang digunakan yaitu gula pasir, garam,penyedap rasa, asam jawa, daun jeruk, bawang putuh & bawang merah, serta cabai keriting dan juga cabai rawit berah serta bahan utama yang paling penting yaitu ikan. Daun jeruk dipergunakan karena untuk menghilangkan bau amis dari ikan. Asam jawa digunakan sebagai pencipta rasa asam. Sedangkan cabai yang digunakan untuk rasa pedas, untuk pencinta kuliner pedas cabai yang digunakan dapat ditambahkan sesuai selera. Pada masakan ini kita tidak memerlukan minyak karena semua bahan akan di rebus pada air yang mendidih dan dimasak pada api yang sedang. Berikut ini cara memasaknya :

Ikan Masak Tenges dapat disajikan saat hanggat dan cocok untuk teman makan nasipada siang hari. Biasanya masyarakat Bangka Belitung menyajikan Ikan Masak Tenges ini untuk hidangan sehari-hari.

IMG20170523095129