Cari rezeki yang halal memang susah, tapi bukannya nggak ada sama sekali, mereka yang mau berusaha pasti bisa mendapatkannya, salah satunya adalah bapak tua bernama Rastoni ini. Kisah Pak Rastoni kini usianya 65 tahun, tapi dia masih setia menenteng cangkulnya dan membawanya keliling untuk bekerja.

IMG_9484

Di usianya yang sudah tak lagi muda, ia hanya mampu bekerja sebagai tukang cabut rumput keliling atau pekerjaan apapun yang orang tawarkan kepadanya. Bermodalkan cangkul ia berjalan keliling kota Jakarta, bahkan terkadang ia pernah dua minggu keliling namun tak ada satupun pekerjaan yang menghampirinya.

Tapi, meskipun sulit, ia tetap setia menjalani pekerjaannya, atau lebih tepatnya menjalani pekerjaan yang masih mampu dikerjakannya. Karena sebagai orang tua tentu saja bapak yang satu ini berharap bisa istirahat di rumah dan bermain bersama cucu-cucunya.

IMG_9480

Belajar melalui Bapak Rastoni, kita sebagai anak muda yang masih kuat tenaga (fisik) diajak untuk bekerja keras lebih lagi, kenapa? Untuk bekal masa depan kita secara pribadi, baik kita pria maupun wanita, kita harus gigih dalam mengerjakan sesuatu dan kurangilah mengeluh dalam bekerja sebab itu membuat kita hanya pikiran. Capek itu pasti, tapi ketika rasa lelah itu datang, maka ingatlah bahwa ada keluarga yang tengah menunggu di rumah, mereka yang menaruh harapannya padamu. Mari, kita bekerja lebih giat lagi demi nusa dan bangsa. (1471505139/YusufGabriel/SA)