Aceh terkenal dengan kekayaan alamnya yang tak kalah melimpah dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang ada di negeri kita Indonesia. Tak hanya itu, kuliner dari daerah Aceh ini juga terkenal dengan kekayaan rasa dari bumbu yang digunakan sebagai bahan masakan khas Aceh. Banyak sekali beragam olahan yang berasal dari daerah Aceh, seperti Kopi Aceh, Ayam Tangkap, Kuah Asam Keung dan satu lagi yang menjadi ciri khas yaitu olahan Mie yang terkenal hingga penjuru Nusantara tersebut. Yap! Tak lain Mie tersebut adalah Mie Aceh. Terkenal dengan cita rasa yang kaya akan rempah ini, mampu memikat siapa saja yang menyantapnya. Makanan asal Aceh ini sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar kuliner Nusantara.
IMG_20170520_203233_HDR
Mie yang di balur dengan bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, merica, jahe dan rempah-rempah lainnya yang dihaluskan ini mampu memanjakan lidah bagi siapapun yang menyantapnya. Kini Mie Aceh banyak dijual di wilayah-wilayah yang ada di Indonesia termasuk Jakarta.
Mie Aceh terkenal dengan rempahnya yang memiliki cita rasa yang khas, Mie Aceh dikenal dengan perpaduan antara masakan Cina atau Tiongkok dan India. Mie yang seperti kita ketahui berasal dari Cina atau Tiongkok dan kuah yang disajikan dalam Mie Aceh memiliki kemiripan cita rasa dari makanan India.
IMG_20170520_203213_HDR
Dalam makanan Mie Aceh toping tambahan yang selalu ada dalam menu ini adalah tambahan daging sapi atau kambing, dan tak juga ada tambahan udang didalamnya. Lalu sajian ini disajikan dengan topping kerupuk emping, acar bawang dan timun serta cabai sebagai pelengkap. Jenis Mie Aceh yang disajikan yaitu ada Mie Aceh goreng, Mie Aceh tumis, dan Mie Aceh Kuah. Selain dengan tambahan daging sapi, kambing ataupun udang, Mie Aceh juga dapat ditemui dengan tambahan kepiting utuh didalamnya waah pasti Mie Aceh dengan topping kepiting didalamnya menjadi salah satu favorit dikalangan pencinta seafood yaaa. Dan itulah dia makanan khas Indonesia yang saya bisa share ke kalian pencinta Mie khusunya, semoga dapat menambah wawasan dan informasi-informasi yang belum pernah kalian ketahui sebelumnya yah dan juga semoga bermanfaat!
Atika Ayu Lestai
Kelompok: SD