Pantai Menganti merupakan nirwana laut selatan Pulau Jawa yang lokasinya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Waktu tempuh dari pusat kota Kebumen kurang lebih sekitar 1 jam 45 menit menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, angkutan umum belum ada yang beroperasi menuju obyek wisata tersebut.

Biaya tiket masuknya pun sangat terjangkau, dengan membeli tiket sebesar 10 ribu rupiah kita sudah bisa menikmati hamparan laut luas yang dihiasi pasir putih dan batu karang di sepanjang pantai.

Nama Menganti konon berasal dari kata menanti/penantian. Dikisahkan pada jaman dahulu ada seorang panglima perang Kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungannya dengan pujaan hati tak direstui sang raja. Mereka kemudian berjanji bertemu di sebuah pantai berpasir indah.

Berhari-hari sang panglima menanti sang pujaan hati yang tak kunjung datang, di atas bukit kapur sambil memandang laut lepas. Lokasi tempat menanti sang panglima tersebut kemudian dinamakan Pantai Menganti.

Pantainya tergolong masih perawan, karena pantai tersebut belum terjamah oleh banyak orang. Kebanyakan pengunjungnya didominasi wisatawan lokal saja (warga kebumen dan sekitarnya). Padahal panorama yang disuguhkan tidak kalah menarik dengan pantai-pantai yang berada di Bali.

Menganti dikelilingi oleh bukit-bukit yang membentang di sepanjang pantai. Di bukit tersebut kita bisa menyewa villa untuk menginap ataupun saung untuk bersantai. Sekaligus mata kita menikmati hamparan samudera biru, serta pemandangan nan elok dari bukit-bukit yang mengelilingi pantai.

Bagi para penikmat sunset (matahari terbenam), di pantai ini juga terdapat tempat untuk melihat panorama sore tersebut. Tepatnya berada di sebuah jembatan yang menghubungkan batu karang yang besar. Di sana kita bisa berfoto-foto ria sekaligus merasakan suasana romantis bersama pasangan.

Setelah puas bermain di pantai, kalian juga bisa mencari kuliner atau cindera mata yang dijual oleh penduduk sekitar. Walaupun berada di obyek wisata, dagangan yang dijual pun harganya masih terjangkau.

Pokoknya bagi kalian yang suka jalan-jalan jauh, kalian wajib mampir ke Pantai Menganti. Banyak sekali yang bisa kita eksplorasi di tempat ini, tentunya dengan harga yang terjangkau juga. Jadi kalian tidak perlu khawatir mengatur jadwal liburan kalian jika pergi ke tempat ini. (Yefta Andrew/SA/1471505345)