Pemberian makan musang

  • Musang umur 0 – 2 bulan

Makanan yang bagus untuk musang umur 0 – 1 bulan itu adalah susu. Sama seperti bayi umumnya yang diberi susu musang pun saat bayi diberi susu. Untuk susu si musang bisa berupa susu bubuk vanilla non laktosa jangan berikan rasa yang berbeda selain vanilla dan tidak dianjurkan untuk memberikan susu kental sachet, karena biasanya si musang tidak cocok dan bisa mengalami diare. Pemberian susu menggunakan dot bayi yang kecil dan waktu yang dianjurkan untuk memberi susu itu 4jam sekali.

Apabila musang sudah memasuki umur 1 bulan, cobalah dengan memberikan bubur bayi sebagai makanan utama atau buah yang di blender halus agar si musang lebih mudah menelannya. Namun jangan lupakan susu sebagai minumannya .

Insta-image-9

  • Musang umur 2 – 4 bulan

Memasuki umur 2 bulan ini musang sudah bisa belajar makan sendiri jadi tidak hanya bubur bayi saja namun bisa mencoba berikan nasi campur kecap, telur rebus dan ati ayam. Musang pun juga senang dengan buah – buahan yang manis seperti papaya, manga, pisang, kiwi dan lainnya. Pemberian buah cukup seminggu 2x agar.

Insta-image-10

Insta-image-14

Untuk musang yang memasuki umur 4 bulan ini sudah cukup dewasa dan pemberian makanannya pun sudah tidak perlu memberikan bubur bayi dan susu non laktosa. Makanan yang cocok untuk musang umur segini adalah nasi campur kecap, telor rebus, ati ayam, cat food dan buah – buahan, minumnya cukup di berikan air gula atau susu dancow putih manis (campur gula).

  • Musang umur 4 bulan keatas

Musang yang sudah memasuki umur 4 bulan keatas dibilang sudah dewasa dan sudah bisa makan sendiri tanpa harus bingung salah memilih makanan, karena daya tahan tubuh musang dewasa sudah cukup baik. Walaupun sudah dewasa tetap saja kita harus teliti dalam memilih makanan jangan sampai makanan itu sudah basi atau kadaluarsa. Untuk makanan musang dewasa biasanya cukup memberikan nasi kecap serta di campur dengan kepala ayam rebus atau hanya di beri kepala ayam rebusnya saja yang di potong kecil dengan porsi besar dan bisa saja hanya nasi kecap saja dengan porsi besar. Musang dewasa pun tetap harus diberi buah – buahan seminggu 2x agar tetap seimbang protein yang di dapat si musang.

 

  • Pemberian suplemen / vitamin

Musang pada umumnya cukup kuat daya tahan tubuhnya dalam hal apapun, namun kita tidak boleh asal dalam memelihara musang. Tidak hanya memberi asupan makan dan minum, musang juga harus di beri asupan vitamin seperti minyak ikan yang bisa di gunakan pada umur bayi hingga dewasa, agar musang tetap sehat dana man bagi kita.

Insta-image-8