Photography Wedding Production

48

    Setelah sebelumnya kita membahas mengenai video dokumentasi pada acara pernikahan, kali ini kita akan membahas mengenai phtopgraphy wedding, hal ini meliputi sesi prewedding hingga tahap packaging yang baik. Photography wedding sangat penting bagi para kedua pasangan yang ingin menikah, mengingat momen seperti ini adalah momen yang istimewa dan hanya berjalan satu kali seumur hidup. Tentu, sebagai fotografer kita harus bisa membuat foto-foto yang bagus dan juga yang diinginkan oleh setiap client kita.

    Inti dari prewedding adalah agar klien anda dapat memiliki foto yang merekap cinta mereka sebelum memasuki jenjang perkawinan. Biasanya, seorang wanita dan pria akan terlihat paling cantik dan ganteng sebelum pernikahan mereka. Setelah married, mereka akan lebih fokus untuk membangun sebuah keluarga, dan tidak terlalu peduli dengan penampilan. Foto2 prewedding juga sering digunakan untuk menghiasi repsepsi pernikahan mereka, dan biasanya juga digunakan untuk mengumumkan tanggal pernikahan (save-the-date) pernikahan mereka yang akan segera dirayakan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan dalam sesi pemotretan prewedding

  1. Ekspresi

    Menurut saya, hal yang paling penting dalam fotografi prewedding adalah menangkap ekspresi pasangan yang anda foto. Untuk mendapatkan ekspresi yang ideal, seorang fotografer harus mampu menjiwai klien nya, dan membuat mereka merasa nyaman dipotret oleh kita. Pendekatan harus dilakukan mulai sejak pertemuan pertama dengan klien. Dengan bersikap ramah, dan mendengarkan secara seksama apa yang mereka inginkan, adalah cara yang paling cepat untuk mendapatkan hati mereka. Cobalah untuk bertemu sebelum photosession dimulai. Hal ini bertujuan agar dapat mengenali lebih dalam lagi karakter dari klien anda. Manfaatkan waktu ini juga untuk berkonsultasi mengenai treatment atau konsep prewedding yang diinginkan, mulai dari baju hingga penjelasan mengenai cara kerja kita sekilas.

  1. Lokasi

    Untuk pemilihan lokasi tempat pemotretan, biasanya klien akan punya beberapa pilihan yang mereka inginkan. Sang fotografer juga tentunya harus memberi saran beberapa tempat yang bagus untuk sesi pemotretan tersebut. Jangan lupa untuk memilih lokasi yang sesuai dengan tema pemotretan anda, pilihlah sebuah lokasi yang tidak terlalu ramai, terutama pada saat-saat awal pemotretan. Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk menjalin komunikasi yang baik dengan klien, dan menghindari kegugupan dari mereka karena ditonton oleh orang-orang sekitarnya.

  1. Pose

    Pilihlah pose yang sesuai dengan konsep dan tema pemotretan anda. Pose adalah unsur yang sangat berdampat dalam bercerita dengan menggunakan sebuah foto.

    Fotografi pernikahan merupakan rangkaian gambar yang mampu bercerita dari awal prosesi hingga akhir prosesi pernikahan. Gambar apa yang akan kita taruh pada album bagian depan hingga bagian belakang harus benar-benar kita fikirkan dengan baik. Dalam fotografi pernikahan akan selalu melibatkan pengantin pria, wanita, keluarga serta tamu-tamu yang datang. Mengabadikan momen pernikahan tentu bukan hal main-main karena momen tersebut hanya berlangsung sekali seumur hidup. Beberapa pengetahuan mendasar sangat perlu kita kuasai, beberapa kesalahan yang sangat umum juga perlu kita hindari. Pada video di atas, kalian bisa lihat beberapa tips dalam fotografi pernikahan saat acara resepsi.

    Pada tahap pemilihan foto-foto mana saja yang akan dimasukan kedalam album pernikahan, biasanya saya harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada klien mengenai foto-foto tersebut, design layout, penempatan foto, dan lain-lain. Cara ini membuat klien menjadi puas terhadap foto dan layout dari album pernikahan yang sudah dikonsultasikan sebelumnya. Kalian juga harus perhatikan betul kualitas bahan dari hard cover  sampai koper album pernikahan, dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik, diharapkan album pernikahan tidak cepat rusak selama beberapa puluh tahun kedepan. Jadi, sangat lah penting mengemas tahap packaging yang bagus dan juga berkualitas.

Untitled

    Dalam proses editing yang dilakukan, tentunya ada aplikasi atau softwere yang dapat menunjang keberhasilan foto-foto pernikahan agar terlihat lebih maksimal. Adobe Photoshop CS5, adalah softwere yang saya gunakan dalam proses editing foto hingga, design album, dan koper album pernikahan. Sebenarnya, tidak hanya Adobe Photoshop saja yang bisa digunakan untuk editing foto dan design. Banyak softwere-softwere lain seperti Adobe Lightroom, Photoscape, GIMP, dan lain-lain. Kalian tinggat tentukan softwere mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian, dan tentunya sesuai dengan kemampuan dan kedekatan kalian terhadap softwere editing tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s