IMG20170513154347.jpg
Teh Talua Restoran Sederhana Slipi

       Yeee ketemu lagi di artikel tentang minuman tradisional yang ada di Indonesia, kali ini kita akan membahas teh talua atau biasa yang di sebut teh telur, teh asal minang ini memiliki penampilan yang apik dan menarik banget untuk di coba cuss kita bahas tentang teh talua.

Minuman teh talua merupakan minuman tradisional khas dari sumatra barat dikutip dari liputan6.com . Menurut bahasa tradisional Sumatra Barat, Talua berarti telur. Teh talua adalah minuman teh yang dicampur dengan kuning telur ayam kampung atau bebek, kemudian ditambahkan susu dan gula. Berdasarkan cerita rakyat di Sumatera Barat, konon, teh talua dikenal dengan teh yang disajikan spesial untuk para bangsawan. Tidak sembarang orang dapat meminumnya. Namun, sekarang semua orang dapat merasakanan nikmatnya teh talua. Anda dapat membuat nya sendiri dirumah atau membelinya di kedai-kedai.

Sekarang ini teh talua mudah ditemukan dimana saja salah satunya di rumah makan padang atau restoran padang asli, seperti rumah sederhana yang berada di daerah slipi, rumah sederhana disana terdapat menu teh talua ( teh telur ) yang dibuat langsung oleh orang sumatra barat asli, maka kita akan merasakan teh talua sama seperti kedai – kedai yang ada di sumatra barat.

Manfaat yang ada pada teh talua pun sangat banyak seperti :

  1. Sebagai Penambah Stamina.

Teh Talua bermanfaat untuk menambah stamina setelah beberapa pekerjaan yang kita lakukan pada siang harinya dengan minum teh talua maka akan menambah stamina kita pada malam harinya.

  1. Sebagai Penunda Lapar.

Kandungan Protein yang terdapat dalam teh talua juga memiliki khasiat untuk menunda lapar yaitu kandungan protein dalam telur yang tinggi.

  1. Sebagai Kesehatan Mata

Dalam telur yang diambil kuningnya saja sebagai bahan utama dari teh talua ini, didalamnya terdapat zat karotenoid, yaitu zat yang dapat mencegah gangguan penglihatan pada mata.

  1. Sebagai asupan Vitamin

Di dalam kuning telur itu banyak sekali terkandung vitamin didalamnya seperti vitamin A, D, E dan Vitamin K makanya dalam pembuatan teh talua diutamakan kuning telurnya saja, karena manfaat vitamin yang ada didalamnya, tidak terdapat pada putih telurnya.

  1. Sebagai Penambah Stamina Pria Dewasa.

Nah ini yang spesial dalam manfaat dan khasiat teh talua ini yaitu bisa menambah stamina pria dewasa yang telah menikah, maka untuk itu sekali lagi bagi yang telah menikah teh talua ini cocok di konsumsi untuk menambah stamina Khusus ” Pria Dewasa ” yang telah Menikah.

 Jika di daerah kalian tidak terdapat penjual teh talua kalian bisa membuatnya sendiri dirumah. Bagia kalian yang ingin mencoba membuatnya dirumah bahan – bahan yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan di mau di kota atau di pedasaan bahan – bahan adalah :

  1. 2 butir telur bebek
IMG20170523170057.jpg
Doc.Pribadi

kalian bisa menggunakan telur ayam kampung atau telur bebek.

pisahkan kuning telur dengan putih telur lalu kita ambil kuning telurnya.

  1. 2 sendok teh gula pasir
IMG20170523170828.jpg
Doc.Pribadi

Yap dengan menambahkan gula pasir rasanya akan menjadi manis layaknya teh

  1. 1/4 sendok teh bubuk vanili
IMG20170523171137.jpg
Doc.Pribadi

Bubuk vanili untuk memberi aroma manis dan menghilangkan bau amis dari telur

  1. 40 gram teh bubuk
IMG20170522194153.jpg
Doc.Pribadi

Namanya aja teh talua pasti ada teh nya kan,

6. 500 ml air

IMG20170523191033.jpg
Doc.Pribadi

buat rebus teh serbuknya

7. 4 sendok makan susu kental manis

IMG20170523170532.jpg
Doc.Pribadi

8.  1/2 jeruk nipis

IMG20170523183608.jpg
Doc.Pribadi

Jeruk nipis dapat menghilangkan rasa amis pada telur

Okehh sudah siap dengan bahan – bahannya mari kita buat, caranya adalah…..

  1. Pisahkan kuning telur dengan putihnya lalu masukan kedalam gelas.
  2. Tambahkan 1/4 sendok teh bubuk vanili.
  3. Tambahkan 2 sendok teh gula pasir lalu kocok adonan dengan kocokan telur hingga padat atau sampai berbentuk seperti pasta.
  4. Lalu tambahkan 4 sendok makan susu kental manis.
  5. Rebus teh hingga mendidih, lalu saring air tehnya dan tuangkan kedalam adonan telur yang telah menjadi pasta tadi
  6. Potong setengah jeruk nipis, dan peraskan di minuman teh talua
  7. Minuman siap untuk di minum

Mudahkan pembuatannya, dalam pembutannya adonan telur, gula dan bubuk vanili harus sampai benar – benar padat terbentuk seperti pasta. Nanti hasilanya akan seperti gambar ini..

IMG20170513154309.jpg
Doc.Pribadi

 

Sekian untuk cara pembuatan minuman tradisional khas sumatra sampai ketemu di artikel minuman tradisional selanjutnya.