Dalam olahraga pencak silat bukan hanya untuk kesehatan jasmani kita tapi kita bisa mempraktekkan gerakan-gerakan pencak silat dalam kehidupan sehari-hari jika kita menemui keadaan yang memungkinkan teknik membela diri itu dibutuhkan.

2

  1. Gerakan Menangkis Pukulan
    Pada teknik ini kita menagkis menggunakan punggung tangan kita supaya tanggan kita tidak mudah mengalami cedera, dan posisi kuda-kuda nya menggunakan posisi kuda-kuda Slewah.

    3

  2.  Menghindar Dari Tendangan Lawan
    Di posisi ini keta menghindari lawan dengan cara menundukkan badan kita serendah-rendahnya agar tidak terkena tendangan musuh kita, dengan menggunakan posisi kuda-kuda sejajar tubuh kita menjadi tidak mudah untuk terjatuh ke tanah.

    4

  3. Gerakan Menangkis Tendangan Belakang
    Dalam posisi ini tangan kita di letakkan di depan perut kita untuk menahan tendangan lawan kita supaya tidak langsung mengenai perut kita, posisi kuda-kudanya masih menggunakan kuda-kuda sejajar.

    5

  4. Gerakan Menyerang Balik dengan Tendangan Samping
    Gerakan tendangan samping diawali dengan memutar pinggang kita kearh kiri dan mengangkat kaki kanan kita dan melakukan tendangan dengan punggung kaki kita.

    6

  5. Gerakan Tendangan Belakang
    Gerakan ini di lakukan jika lawan atau musuh kita menghindar dari serangan yang pertama, gerakan ini menggunakan kaki kiri kita dan melakukan putaran 180ᵒ dan melakukan tendangan dengan telapak kaki kita.

    7

  6. Gerakan Mempiting Musuh
    Jika tendangan sebelumnya kita di tahan oleh musuh kita dapat menjepit atau mempiting kepala lawan untuk menjatuhkannya ke tanah.

 

itulah gerakan-gerakan untuk menagkis dan melawan musuh kita, semoga teknik ini bisa berguna di keseharian teman-teman sekalian, teruslah melestarikan budaya-budaya Indonesia. (Naufal Amir – 1371501089)