Aksi Kubur Diri Petani Teluk Jambe Hari Ketiga

Hanya satu-dua hal baru dalam Aksi Kubur Diri hari ketiga (27/4). Sisanya, sama. Hangat sengatan matahari membakar kulit kami. Jika sebelumnya kami bersitegang dengan kepolisian, hari ini kami telah mendapat izin hingga hari-hari berikutnya, tentu masih tanpa ada jaminan tepat kapan Aksi Kubur Diri akan berakhir.

Dua hal berbeda di hari itu: jumlah peleton Sabhara dan jumlah petani yang mengubur diri. Empat peleton Sabhara diturunkan bersama dengan dua mobil water cannon. Entah untuk sekadar mob massa, menakut-nakuti kami; atau memang kami dianggap berpotensi mengundang kericuhan. Sekali lagi, entahlah. Hanya segelintir di antara kami yang bisa turun adu jotos seandainya memang terjadi. Tidak ada sepertiganya, bahkan. Mayoritas adalah perempuan, perempuan uzur, laki-laki uzur, dan anak-anak. Toh, kami tidak bermaksud mengadakan chaos. Siapa pula yang berminat chaos dengan orang-orang yang hanya mengikuti perintah atasan secara membabi buta?

Hal berbeda kedua adalah jumlah petani yang mengubur diri. Siang itu, ada sepuluh petani yang dengan senang hati menunjukkan betapa telah dikubur dan matinya keadilan di Republik Indonesia tercinta. Namun, betapa pun senang hatinya mereka, tentu teriris pula oleh sembilu ketika kami tiba di penghujung batas waktu aksi: masih tidak adanya respon dari Istana.

Seorang kawan mengeluh tepat di sebelah kiriku, di rerumputan tempat barbed wire digelar memanjang, “Ini sudah hari ketiga, tapi masih belum juga kita ditanggapi,” Lanjutnya, “Kasihan fisik mereka, kasihan juga beban psikologis kalau mesti aksi juga besoknya.” Siapa pula yang tega menyalahkannya, aku ada di sana, dia ada di sana, kami ada di sana, menyaksikan betapa raut wajah lelah, kecewa, murka menjadi satu.

“Lalu, kita bisa apa lagi. Semua sudah kita tempuh. Anggaplah ini pertaruhan terakhir. Tiga hari bukan apa-apa jika dibandingkan dengan seluruh perjuangan mereka selama ini. Masih ada 1 dan 2 Mei, kita bisa manfaatkan itu.”

FormatFactoryDSC_0002FormatFactoryDSC_0015FormatFactoryDSC_0020FormatFactoryDSC_0091FormatFactoryDSC_0112

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s