20170522_165012

Kopi Bali Kintamani berasal dari dataran tinggi Kintamani di pulau Bali. Kopi Bali mempunyai kualitas tinggi karena tumbuh di tempat yang dingin dan kering. Kopi ini termasuk kopi asli Indonesia yang memiliki rasa dan aroma berbeda. Masyarakat di Kintamani sangat menjaga tradisi budaya lokal. Kelebihan lain dari kopi Kintamani ini yaitu dari segi history serta kebiasaan budaya lokal yang bikin tanaman kopi ini mempunyai mutu berkualitas tinggi. Kopi ini dikenal juga memiliki reputasi dengan nama “origin coffee” atau kopi asli dari Indonesia. Kopi Bali dikatakan sebagai kopi Kintamani yaitu satu diantara type kopi arabika yang di kenal mempunyai rasa yang manis serta lembut. Kopi Arabika Kintamani ini  mempunyai rasa yang tidak terlalu sepat dan tidak terlalu pahit.

Saya mencoba menyajikan kopi Bali Kintamani menggunakan teknik pour over dengan menggunakan alat V60. V60 adalah salah satu alat seduh kopi dengan metode pour over. Metode pour over  merupakan metode dalam penyeduhan kopi yang sudah dikenal sejak lama. Metode ini memang tidak sulit namun juga tidak sederhana, karena dalam menyeduh kopi membutuhkan proses yang jeli agar dihasilkan seduhan kopi yang berkualitas dan nikmat. Penyeduhan kopi menggunakan alat dengan metode pour over cenderung memiliki karakter kopi yang dapat memberikan kepuasan bagi yang meminumnya, seperti aroma lebih kuat, hasil kopi yang bersih dan menonjolkan karakter-karakter tertentu.

Cara menyeduh kopi dengan V60:

  1. Siapkan kertas filter yang akan digunakan
  2. Lipat kertas filter yang akan digunakan, dan dibentuk kerucut, lalu letakkan kedalam V60
  3. Kertas filter yang akan digunakan disiram terlebih dahulu menggunakan air panas. Hal ini bertujuan untuk menghindari aroma kertas yang bisa saja tercampur dengan seduhan kopi dan supaya alat V60 dan wadah tersebut panas.
  4. Air bekas yang digunakan untuk menyiram kertas filter sebaiknya langsung dbuang setelah filter itu dirasa bersih dan aromanya sudah hilang, hal ini untuk menjaga aroma kopi yang akan Anda seduh.
  5. Siapkan biji kopi yang akan diseduh dan digiling medium (tidak terlalu halus)
  6. Masukkan kopi yang sudah digiling kedalam kertas filter
  7. Tuangkan air panas dari teko secara perlahan. Cara menuangkan airnya pun tidak sembarangan yaitu menuangkan air dari bagian tengah kemudian berlanjut dengan gerakan melingkar.
  8. Agar hasil seduhannya maksimal, dalam setiap gerakan satu lingkaran perlu di diamkan sebentar hingga air yang dituangkan terserap hingga bagian dasar kopi. Langkah ini diulangi seterusnya hingga selesai. Durasi 3 menit sampai 4 menit.

20170522_171441

Setelah diproses menggunakan teknik penyeduhan pour over dengan alat V60, kopi dituangkan ke dalam botol yang berbentuk unik dan juga disediakan cangkir kecil untuk meminumnya lebih santai.