Pada artikel kedua kali ini akan membahas mengenai perbandingan adegan atau cerita yang ada dibuku dan film. Adegan atau cerita yang terdapat di novel tidak semuanya akan diadegan di film hal ini dikarenakan sang sutradara sudah memilih cerita yang lebih menarik untuk difilmkan atau terkadang sang sutradara mempunyai tujuan agar tidak ada pengulangan adegan pada film.

Buku yang akan dibahas adalah Harry Potter and The Half blood Prince dan Percy Jakson and The Olympians (The Lightning Thief). Kedua novel ini merupakan novel fiksi dan mempunyai daya tarik sendiri bagi penggemarnya masing-masing. Selain itu kedua novel ini mempunyai perandingan antara adegan atau cerita pada buku dan film.

Pada buku Harry Potter and The Blood Prine, tidak ada adegan runtuhnya jembatan Brokdale yang diakibatkan oleh pelahap maut, adegan ini hanya disebutkan oleh Perdana Menteri Muggle pada bab pertama buku. Tetapi pada film, adegan ini diadakan pada pembukaan film. Lalu terdapat pertempuran hebat di Hogwarts dan pemakaman Prof. Dumbledore yang nampak memukau dalam cerita di buku. Menurut David Yates, sang sutradara, pertempuran Hogwarts ditiadakan untuk menghindari pengulangan karena adegan itu akan ada di film Harry Potter and The Deathly Hallows. sedangkan hilangnya pemakaman Prof. Dumbledore karena adegan ini dianggap tidak cocok dengan akhir cerita difilm.

Di buku Harry Potter And The Half Blood Prince, Katie bell adalah kakak kelas Harry, sedangkan Romilda Vane si pengirim ramuan cinta adalah adik kelas Harry. Tetapi dalam film, mereka bertiga merupakan teman sekelas. Hal ini dikarenakan, menurut David Yates, supaya tokoh-tokoh yang dianggap penting ini bisa muncul sekaligus tanpa perlu memperbanyak adegan ceritanya.  Lalu karakter Horace Slughorn diperankan oleh Jim Broadbent memiliki karakter yang berbeda dengan versi buku. Pada film Horace tidak bertubuh pendek dan bulat. Dia juga tidak mempunyai kumis seperti kumis walrus. Baju yang ia kenakan juga tidak berbahan dari beludru.

IMG_20170426_175139.jpg

Pada buku Percy Jakson and The Olympians (The Lightning Thief). Pada buku, diceritakan bahwa Percy tidak tinggal dengan ibu kandungnya. Ibunya berada di Upper East Side, sedangkan difilm diceritakan bahwa Percy tinggal dengan ibu dan ayah tirinya. Pada buku, saat sekolah percy mengalami perselisihan dengan teman sekelasnya yaitu Nany Bobofit. Tetapi adegan ini tidak ada pada film.

Dibuku terdapat adegan disaat Percy sedang berada diperjalanan pulang kerumah, bus yang ia tumpangi berhenti dijalan karna ada masalah pada kendaraannya. Saat itu diseberang jalan ia melihat terdapat tiga orang nenek-nenek yang sedang merajut kaus kaki berwarna merah, kemudian nenek itu memotong benang dan itu merupakan pertanda bahwa akan terjadi sesuatu. Tetapi adegan ini tidak muncul pada film.

Terkadang banyak penikmat film adaptasi lebih menyukai cerita di novel dibandingkan film, karena beberapa faktor seperti, cerita yang tidak semenarik bukunya atau karakter yang tidak sesuai ekspetasi penggemar. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa penggemar juga merasa puas akan film yang dibuat, karena telah membuat cerita tersebut lebih hidup saat difilmkan. Tergantung pada masing-masing orang, lebih menyukai cerita novel yang sudah diadaptasi atau belum.