Tahukah Kamu kapan futsal masuk ke Indonesia ?

Kapan olahraga futsal masuk ke Indonesia ?

meskipun sebenarnya futsal sudah dikenal di tanah air sejak era 1998-1999,

namun secara resmi sejarah futsal Indonesia dimulai pada tahun 2002 ketika Indonesia di daulat AFC (Asian Football Confederation) untuk menyelenggarakan putaran final kejuaraan futsal tingkat asia di Jakarta.

Kejuaraan  AFC tahun 2002 ini adalah penyelenggaraan ke -4 sejak pertama kali diadakan tahun 1999 di Malaysia. Putaran final diadakan di Jakarta 22 s.d 30 Oktober 2002.

Seluruh pertandingan futsal digelar di Istora Senayan Jakarta. Turnamen ini dimenangkan Iran, sedangkan Indonesia hanya mampu meraih 1x kemenangan dan 1x seri dari 4 pertandingan sehingga tidak lolos di babak penyisihan grup.

Lalu siapa yang membawa futsal ke Indonesia ?

maxresdefault

Justinus Lhaksana, dia lah yang membawa futsal ke Indonesia.

Pria kelahiran 28 Juli 1967 ini pernah menjabat sebagai pelatih timnas futsal Indonesia pada tahun 2004 – 2007.

Dia pernah tinggal di Belanda selama 15 tahun dan memegang sertifikat kepelatihan futsal dari KNVB (Asosiasi Sepakbola Belanda) serta pernah melatih klub divisi utama negeri kincir angin ini.

Di masa kepemimpinan Justin, timnas Indonesia pernah meraih prestasi Internasional dengan memperoleh medali perunggu pada SEA GAMES Thailand tahun 2007. Pada waktu itu Indonesia berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 11 – 1.