XBOX 360: Konsol Gaming Milik Microsoft.

XBOX 360 Konsol Gaming Yang Bertahan Lebih Dari Satu Dekade.

DSC_0091

Halo sobat gamers! Gamers P Review kali ini akan membahas tentang sejarah  Xbox dan salah satu produk kenamaannya yang cukup bertahan lama di generasi konsol beberapa tahun terakhir ini yaitu, Xbox 360. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai prestasi-prestasi Xbox 360 dalam kancah persaingan game konsol langsung di simak ya artikel di bawah ini sobat gamers!

Sebelumnya Microsoft sebagai pihak yang mengembangkan game konsol satu ini telah berhasil memproduksi game konsol pertamanya yaitu, Xbox. Xbox generasi pertama ini pertama kali dirilis pada tahun 2001 di Amerika Utara. Nah, pada tahun 2003 Microsoft berencana akan memproduksi game konsol generasi berikutnya secara lebih serius, dan akhirnya nama Xbox 360 lah yang dipilih oleh Microsoft untuk mewakili semangat proyek bisnis game konsolnya.

DSC_0075

Kendala

Proyek ini bukan tanpa hambatan, karena pihak Microsoft harus bersaing dengan Sony yang kala itu tengah mempersiapkan konsol PlayStation 3 miliknya. Selain itu, Xbox 360 sempat memiliki kendala yaitu pada bagian stick pengendalinya yang dapat dikatakan tidak ergonomis untuk dimainkan yang akhirnya hal itu dapat diperbaiki oleh Microsoft.

DSC_0097

Nah, untuk desain sticknya sendiri menurut sobat gamers bagaimana? Cukup keren bukan?! Ya, jika dibandingkan dengan stick milik Sony pada PlayStation 3. Stick milik Xbox 360 ini memang jauh lebih baik, dimana setiap sisi body stick Xbox 360 bagian finishing jauh lebih halus, dan lebih colorful. Jika kalian pernah memainkan keduanya, maka kalian bisa membedakan sensasi pengendali dari kedua perusahaan game tersebut.

Penjualan

Nah, lalu bagaimana penjualan Xbox 360 di pasaran? Peluncurannya pada tanggal 2 Desember tahun 2005 di Jepang. Xbox 360 berhasil terjual dan menjangkau seluruh bagian dunia seperti Brasil, Korea Selatan, Australia, dan masih banyak lagi. Bahkan, pada akhir tahun pertamanya,  Xbox 360 mampu memecahkan rekor dunia. Hal ini dikarenakan Xbox 360 mampu terjual di 36 negara dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan PlayStation 3 yang saat itu juga dirilis oleh Sony.

DSC_0076        DSC_0042

Mesin

Untuk mesinnya sendiri secara teknis tidak berbeda jauh dengan PlyaStation 3, terutama pada bagian grafisnya. Dengan support HDMI 720 akan membuat kualitas gambar semakin baik dan 11:12 lah sama PlayStation 3. Xbox 360 juga memliki daya penyimpanan hingga HDD 120 GB dan juga bisa dikoneksikan dengan windows dimana kalian bisa bermain secara streaming melalui laptop atau pc. Dan satu lagi sobat gamers tidak perlu khawatir dengan gamenya, jika Sony memilih untuk mengekskusifkan game-gamenya. Berbanding dengan Xb0x 360, Microsoft membebaskan penggunanya untuk menggunakan sistem Backward Compatibility, dimana pemain dapat menggunakan CD game terdahulu pada Xbox generasi pertama untuk dimainkan kembali di Xbox 360. Sistem ini yang juga membantu Xbox One menyaingi PlayStation 4 milik Sony, karena pengguna tidak perlu menggeluarkan uang untuk membeli CD game yang mahal seperti yang diterapkan oleh PS4. Dan juga sobat gamers tidak perlu khawatir karena sobat gamers tidak akan dibatasi dengan CD game yang ingin mainkan. Karena pada generasi game konsol Xbox 360, game-game yang dulunya exclusive untuk PS 3 bersifat multi platform untuk Xbox 360.

Akan tetapi, pada tahun 2016 pihak Microsoft secara resmi berhenti memproduksi Xbox 360 dikarenakan ingin fokus mengembangkan Xbox One yang sudah rilis, tujuan utama pihak Microsoft mengambil keputusan tersebut lagi-lagi untuk bersaing dengan PlayStation 4 milik Sony yang sedang mempersiapkan projek PlayStation 4.5.

Capture

Nah segitu dulu ya sobat gamers untuk sejarah dan keunggulan yang dimiliki oleh Xbox 360 yang bisa Gamers P Review berikan. Semoga bermanfaat dan supaya bisa jadi pertimbangan sobat gamers yang ingin membeli game konsol. Apakah akan membeli Xbox One (terbaru) yang harganya masih mahal, apa lebih milih untuk beli Xbox 360 (second) sambil nabung untuk beli Xbox One.! XOXOXOXO 😛

Berikut ini video trivia tentang Xbox 360 yang bisa kalian lihat dan bagikan!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s