untuk foto_00002

Jaket gunung merupakan salah satu benda yang paling penting dalam peralatan pendakian gunung. Benda ini akan melindungi tubuh kita dari hawa dingin dan angin yang berhembus di gunung. Jaket gunung hendaknya dipilih dengan cermat dan tepat agar bisa gunakan dalam jangka waktu yang lama serta kondisi yang sesuai dengan gaya pendakian kita. Ikuti tips berikut ini untuk mendapatkan jaket gunung yang sesuai dengan keinginan Anda.

Lihat Budget Keuangan

Jaket gunung merupakan salah satu alat persiapan pendakian gunung yang harus kita perhatikan. Kita harus tahu, semua perlengkapan safety itu tidak murah. Nah, kita perlu melihat kemampuan kita membeli suatu barang. Takarannya sih uang, kalau kalian memiliki uang yang banyak, kalian bisa memiliki jaket gunung dengan brand merk dan kualitas, Oke! Tapi, kalau kalian memiliki budget pas-pasan, jangan khawatir kalian bisa tetap memiliki jaket gunung yang tetap safety.

Hal ini penting, karena kita tidak hanya akan membeli jaket gunung, kita perlu membeli sepatu, tas carrier, dan perlengkapan pendakian gunung lainnya. Untuk yang uangnya banyak, tentu tidak masalah. Kalau yang seperti saya ini, harus pintar-pintar agar peralatan bisa terlengkapi.

Tentukan Ukuran, Model dan Bahan

Ukuran, tentu kita harus memilih ukuran yang pas di badan. Tidak terlalu sempit dan juga tidak terlalu longgar. Dan yang harus diperhatikan juga adalah kenyamanan kita dalam bergerak, jaket gunung yang baik harus bisa menutupi bagian atas tubuh, celah pada lengan dan leher pun sebaiknya menutup sempurna agar udara dingin tidak masuk.

Model, carilah model dengan bagian leher yang panjang hingga mampu menutupi leher bagian atas. Lebih bagus lagi, yang memiliki penutup kepala. Selain untuk melindungi leher dan kepala, hal ini juga dapat melindungi bagian atas tubuh dari udara dingin.

Bahan, ada 2 bahan yang biasa digunakan untuk jaket gunung. Wind-breaker dan water-proof. Bahan dengan water-proof kebanyakan lebih dicari karena lebih tahan terhadap air. Selain itu, carilah jaket yang bagian dalamnya dilapisi oleh bahan polar, karena ini lebih bisa menahan udara dingin.

Detail Jaket

Selain hal-hal diatas, kita bisa lebih mengecek pada detail jaket, yaitu kantung dan resleting. Jaket dengan terlalu banyak kantung membuat kurang efektif, selain banyaknya celah untuk udara dingin masuk, fungsinya pun di pertanyakan. Kantung yang berada pada samping perut bagian bawah, selain bisa untuk menyimpan barang, bisa kita fungsikan untuk menghangatkan telapak tangan.

Resleting yang baik memiliki lapisan tahan air, atau paling tidak ada ada lapisan tambahan untuk menutupi bagian resleting ini.