Mie Juhi, Kuliner Legendaris Betawi Yang Harus Dilestarikan

Betawi memang memiliki banyak sekali budaya, tapi kuliner khas betawi juga tak kalah eksis dengan budaya Betawi itu sendiri. Salah satunya adalah Mie Juhi, yaitu kuliner khas Betawi dengan bahan dasar utama daging cumi yang telah di fermentasi. Dari daging cumi ini juga, menghasilkan kaldu yang digunakan sebagai kuahnya. Ya, daging cumi inilah yang disebut sebagai juhi.

IMG_1286

Rupanya, mie juhi ini berbeda dengan rujak juhi. Namun, rasa keduanya sama-sama layak untuk dinikmati kalian semua. Selain berbahan dasar cumi, mie juhi juga terdiri dari kentang rebus, perkedel khas betawi (pengganti lontong), mie kuning, kol dan tomat yang diiris. Bukan hanya itu saja, mie juhi juga kurang lengkap tanpa adanya emping khusus dengan ukuran besar yang siap menambah kenikmatan saat kalian menikmatinya.

Penikmat mie juhi tentunya tak hanya orang betawi (asli Jakarta) saja, tapi juga dari berbagai daerah seperti Bali, Kalimantan, Jawa, dan bahkan para pedagang China juga turut menyukai makanan khas betawi ini.

HUMAN INTEREST 2

Saat ini, eksistensi mie juhi sendiri mulai redup ditengah era modernisasi khususnya di Ibu Kota. Tapi kalian tak perlu khawatir, karena kalian bisa menemukannya di Pasar Kebayoran Lama. Mie juhi betawi milik Mpok Marsini (45) ini telah berdiri sejak 1992, dimana ia  sendiri telah menjadi generasi ke-6. Kemampuan meracik mie juhi pun ia peroleh dari turun temurun, dengan menekankan nilai rasa dan kebersihan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

_MG_1272

Mie Juhi pun juga cocok untuk menemani waktu berbuka kalian loh. Daging cumi dan kuah kaldunya yang segar, tentu akan membuat kalian ketagihan dengan rasanya. Untuk satu porsi mie juhi dibandrol dengan harga Rp 25.000,- yang tentunya sangat terjangkau bagi kita semua. Nah bagi kalian yang penasaran, yuk langsung saja lihat video dibawah ini:

Selamat mencoba guys!

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s