ketika lihat komik jepang, sobat pasti akan melihat kartun anime yang bagus-bagus , nah sekarang saya tertarik nih untuk buat anime itu tapi dalam bentuk chibi ??? hah chibi ?? apa itu girlband yang diIndonesia itu ??? Nah… Chibi adalah istilah yang berasal dari Jepang untuk “orang atau benda yang memiliki ukuran fisik yang kecil”. Sekarang ini, chibi dikenal sebagai gambar manga yang lebih kecil dan lucu dibanding gambar aslinya. Chibi juga dikenal dengan istilah Super Deformed (sangat berubah bentuk) atau SD dan cukup menjelaskan ciri khas chibi. Singkatnya, chibi adalah salah satu versi dari manga/anime.

          Selain karena memang mukanya yang imut dan menggemaskan, penggunaanya pada manga atau anime saat bagian scene yang lucu/humor juga menjadi salah satu faktor kenapachibi bisa populer. Tak ayal jika manga dan anime bergenre comedy kerap menampilkan scene dengan gaya chibi.

          Bagi sobat yang tertarik dan ingin mencoba menggambar chibi, maka sobat bisa mengikuti tutorial menggambar karakter chibi sebagai berikut.

  • Dalam menggambar penggunaan kerangka atau sketsa sangat penting terutama untuk pemula. Jadi bagian yang pertama adalah menggambar kerangkanya dengan cara gambar lingkaran atau setengah lingkaran (terserah mau sempurna apa tidak yang penting sebisanya).

    Head-FrontView-10

  • Sobat bisa menggambar mata seperti biasa, tetapi buat dengan ukuran lebih besar. Untuk hidung dan mulut, Anda bisa membuat yang sederhana dengan menarik garis pendek.

vlcsnap-error108.png

  • Setelah itu, buat rambutnya. Gambar secara sederhana, Tidak usah menambahkan helai dan untaian tipis. sobat bisa menambahkan detail lain seperti jepit rambut, ikat rambut, atau pita untuk menambahkan sedikit gaya.

 

  • Sekarang sobat dapat menggambar bagian bawah. Buatlah design baju semenarik mungkin sesuai keinginan sobat. Cobalah menggambar setiap panel individu dan itu akan membantu. Menarik dalam beberapa kaus kaki lutut dan sepatu, dan sedikit kaki yang tersembunyi di bawah roknya. 
  • vlcsnap-error255.png
  • Hapus kerangka gambar dan garis bantu yang telah dibuat tadi, lalu tebalkan dengan berbagai macam warna yang sobat inginkan.

IMG_2264.JPG

vlcsnap-error835.png

vlcsnap-error155.png

Ini Dia Hasil Menggambar dari step-step yang aku sebutin~~

IMG_2275.JPG

Biar lebih paham cek video nya :

 

Tips

  • Gambar karakter menggunakan pensil agar sobat bisa dengan mudah menghapus kesalahan. Jika sudah yakin dengan hasil gambar sobat, pertebal garis pensil dengan alat lain seperti spidol atau pensil warna.
  • Berlatih menggambar mata untuk ekspresi yang berbeda agar sobat bisa menggambar berbagai ekspresi wajah yang berbeda. Untuk latihan, tidak perlu menggambar kepalanya dengan utuh, cukup gambar mata, serta hidung dan mulut.
  • Membuat mata saat membuat chibi harus besar, sedangkan hidungnya kecil.
  • Pastikan tangan sobat bersih sehingga tidak mengotori atau merusak garis pensil. Jika ingin, sobat bisa menggunakan sarung tangan untuk mencegah itu terjadi.
  • Terus cari contoh karakter chibi yang bervariasi. Pelajari mata dan pakaiannya yang bervariasi, bisa melalui situs, video, bahkan melihat para komikus menggambar chibi.
  • Menggambar chibi harus dibuat dengan sederhana, tidak dengan penuh detail agar terlihat imut dan menarik.
 

Peringatan

  • Jangan takut melakukan kesalahan. Teruslah mencoba sampai sobat bisa membuat gambar chibi dengan baik, karena menjadi ahli dalam menggambar bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dalam sekejap, dengan berusaha pasti hasilnya akan menjadi lebih baik lagi