Nama : Gloria LouisaLittik (1471506368)

https://youtu.be/QtJa-5KgmjQ

Yuk beralih ke kuliner khas aceh yang cukup populer

Yaaa ,ini dia Mie aceh. Jangan terkecoh dengan namanya. Mungkin bagi anda yang belum pernah mencobanya akan menganggap mie Aceh ini biasa saja seperti mie pada umumnya. Jangan keliru, cita rasa Mie Aceh memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya memiliki penggemar di berabagai pelosok daerah. Tak heran jika mie ini adalah mie paling populer di Nangroe Aceh Darussalam.
Bahan Dasar

Dalam proses pembuatannya Mie Aceh menggunakan bahan-bahan tersendiri seperti mie kuning (basah) yang di campur dengan irisan daging atau juga makanan laut (udang atau cumi). Cara menyajikannya pun hampir sama dengan konsep mie pada umumnya yakni disajikan bersama dengan kuah sup kental yang beraroma pekat dan juga pedas. Dan sebagai pelengkap biasanya dalam hidangan mi aceh (goreng / sup) di tambahkan potongan bawang goreng,emping, ketimun dan jeruk nipis.
Jenis-jenis Mie Aceh

Sama seperti pada mie instan, mie aceh ini juga terbagi menjadi dua jenis yakni mie aceh goreng (kering) dan juga mie aceh kuah. Keduanya sma-sama memiliki cita rasa yang khas. Namun satu hal yang menjadi ciri khas mie aceh adalah pedasnya yang siap membakar lidah anda. Rasa pedas pada mie aceh bukanlah disebabkan karena porsi cabe yang banyak, melainkan bumbu rempah dan kemiri. Bumbu-bumbu inilah yang memberikan cita rasa khas mie aceh yang berbeda dari mie-mie jenis lainnya.
Mie Aceh adalah masakan mie pedas dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut seperti udang dan cumi. Pada dasarnya Mie Aceh biasa di sajikan dalan sup kari yang gurih dan pedas. Nama Mie Aceh di ambil dari daerah asalnya yaitu Aceh, karena cita rasanya yang khas berbeda dengan masakan mie yang ada di Indonesia.
Dalam penyajiannya, Mie Aceh di sajikan dalam tiga macam yaitu mie goreng ( kering ), mie kuah dan mie goreng basah. Untuk daging yang di gunakan bisa di sesuaikan dengan selera kita, karena tidak mengurangi cita rasa dan kelezatan mie tersebut. Menu pelengkap dalam penyajian Mie Aceh biasanya bisa ditambahkan bawang goreng, kerupuk, mentimun, dan juga jeruk nipis.
Yang menjadi keunikan dalam masakan ini adalah bahan tambahan yang digunakan yaitu daging sapi, daging kambing atau masakan laut. Pada umumnya masakan mie yang ada Indonesia banyak menggunakan daging ayam sebagai bahan tambahan dalam penyajian mie nya. Selain itu kuah yang di gunakan adalah kuah sejenis kari yang kental dan gurih. Pada umumnya masakan mie di Indonesia cenderung menggunakan kuah yang bening dan lembut. Keunikan tersebut memberikan cita rasa yang khas yang ada di di dalamnya.