Ikan Krutup merupakan kuliner yang memiliki cita rasa mais, pedas, asam. Kuliner ini berasal dari Bangka Belitung. Kebanyakan Kuliner yang berasal dari Bangka Belitung memiliki cita rasa pedas dan asam. Nama dari kuliner ini Ikan Krutup karena saat dimasak bunyinya yaitu krutup-krutup. Bunyi itu berasal karena dari ikan yang dimasak hanya sedikit menggunakan minyak.

Bahan yang digunakan pada Kuliner ini yaitu :

IMG20170526095845

Bahan yang paling utama yaitu ikan. Kuliner ini juga menggunakan cabai besar kriting dan cabai rawit merah, serta menggunakan bawang putuh dan bawang merah, garam, penyedap, gula pasir, asam jawa dan sedikit air.

brikut adalah proses pemasakannya :

Proses pembuatan ikan ini cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama karena ikan tidak baik jika dimasak terlalu lama. Daging ikan yang sangat lembut mudah sekali untuk hancur jika di masak terlalu lama. Ikan yang digunakan pada kuliner ini juga tidak boleh ikan yang terlalu kecil. Jika ingin memasak kuliner ini sebaiknya mempergunakan ikan yang sedang yaitu yang memiliki berat sekitar 3 atau 4 kilo gram. Ikan yang dipergunakan yaitu jenis ikan ekor kuning atau bisa juga dengan ikan jenis lain yang hampir serupa.

IMG20170526102712