Menggambar Pemandangan

 

Pernah kah sobat membuat gambar pemandangan ? Pastinya pernah kan waktu jaman SD? itu… tuh gunung kembar terus ada jalanan dan sawah…. wkwkwkwkkw. Nah kali ini saya akan memberi tutorial menggambar pemandangan untuk sobat~

          Ada beberapa langkah yang harus sobat lakukan jika ingin membuat gambar pemandangan. Berikut penjelasannya :

1. Mencari Inspirasi

a.JPG

          Mencari inspirasi merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan. Karena setiap seniman yang profesional pun pasti membutuhkan inspirasi untuk dapat menuangkannya dalam setiap goresan karyanya.

          Jika seseorang yang ingin menggambar, namun belum memiliki inspirasi maka hasilnya tidak akan maksimal dan gambar yang dibuat tidak mempunyai makna yang berarti.

          Jika sobat masih belum mempunyai inspirasi, maka cobalah untuk keluar dari rumah ataupun melalui situs internet.

2. Membuat Sketsa Dasar

IMG_2289.JPG

          Jika sobat sudah menemukan inspirasi, maka langkah berikutnya yang harus  dilakukan adalah mulailah menuangkan ide dan konsep yang sobat miliki dalam bentuk sketsa dasar atau istilahnya gambar kasarannya.

          Sketsa dasar mempunyai fungsi untuk mengatur komposisi gambar. Di tahap ini sobat dapat menggambar secara keseluruhan namun harus menghindari menggambar secara detail.

          Yang perlu diperhatikan adalah gunakanlah pensil terlebih dahulu agar sketsa yang sobat buat bisa dihapus dan bisa di revisi kembali jika terjadi kesalahan.

3. Bentuk Sesuai Objek Aslinya Atau Imajinasi

IMG_2288.JPG

          Setelah sketsa dasar sudah jadi, maka mulailah dengan belajar membuat bentuk sesuai dengan aslinya atau imajinasi sobat. Menggambar mirip dengan yang aslinya memang sangat sulit, tetapi sobat bisa menggambarkan pemandangan yang ada di imajinasi sobat agar mudah digambar.

4. Pemilihan Warna

color.jpg

          Setelah sketsa detailnya sudah jadi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemilihan warna yang akan digunakan. Tahap ini dapat dibilang tahapan terakhir yang harus sobat lakukan.

          Masing-masing orang memiliki selera yang berbeda-beda dalam mengkombinasikan warna. Ada yang menggunakan pensil warna, crayon, atapun cat air. Namun jika sobat masih pemula, sebaiknya menggunakan pensil warna.

vlcsnap-error580.png

vlcsnap-error133.png

vlcsnap-error646.png

Nah… Udah jadi nih~

IMG_2301.JPG

          Nah itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara menggambar pemandangan yang mudah untuk sobat. Berikut ini berupa video pembuatan pemandangan:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s