Aksi Kubur Diri Petani Teluk Jambe Hari Keenam

Kemarin Hari Buruh, kali ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (2/5). Massa Aksi Kubur Diri bergabung dengan front massa aksi mahasiswa. Salah seorang dari mereka bahkan memutuskan untuk bersolidaritas dan ikut menguburkan dirinya. Orasi-orasi mereka juga kini tidak hanya menyinggung masalah komersialisasi pendidikan atau represifitas lembaga pendidikan, tetapi juga mengenai konflik agraria, mengenai kami.

Hari itu, cuaca agak tenang dengan sedikit rintik hujan membasahi kami dan permukaan bumi. Dua puluh satu orang dikubur, dengan kata lain meningkat satu orang dibanding hari kemarin. Setengah jam sebelum aksi usai, kami diberi kabar oleh Kasat Intel bahwa Sekretaris Negara siap menerima kami. Sejam setelah aksi usai, sembilan orang dari kami dipersilahkan masuk. Kami tentu menduga kalau panggilan ini lagi-lagi hanya formalitas belaka. Setelah bertemu dengan salah seorang petinggi Setneg dengan ditemani staf Kantor Staf Presiden dan tiga orang intelijen, kami dibuat kaget. Saat itu, kami diminta untuk menulis siapa-siapa saja sepuluh orang perwakilan petani yang asli kelahiran Karawang untuk bertemu dengan Presiden Jokowi! Tentu ada rasa bahagia terpercik dahsyat di hati kami.

Enam hari aksi. Enam hari perjuangan. Enam hari pengorbanan. Enam hari kemurkaan dan kebahagiaan. Enam hari penuh persahabatan dan permusuhan. Enam hari penuh cinta dan dendam. Enam hari penuh rasa dan hambar. Enam hari itu kami lewati. Dan enam hari itu, sungguh tidak sia-sia, kawan.

Kami keluar dengan sumringah, penuh senyum. Aku berjalan di belakang bersama seorang kawan. Kami saling mengingatkan untuk tidak terlena euforia.

Percakapan kami berlanjut. Ada sesuatu yang mengganjal di hati, rupanya kawanku menangkap hal itu. Ini bisa jadi sinyal akan perpisahanku dengan seseorang yang tetiba saja mengisi selongsong kehampaan hati. Seorang gadis yang sempat mengeluh padaku di depan kawat duri yang memanjang. Aku tahu perjuangan tidak sebanal itu. Namun, entahlah, mungkin hati sedang bekerja.

FormatFactoryDSC_0047FormatFactoryDSC_0054FormatFactoryDSC_0058FormatFactoryDSC_0060FormatFactoryDSC_0072

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s