Kamisan Karawang: Solidaritas Untuk Petani Telukjambe

Berawal dari kunjungan seorang pemilik kedai kopi, Das Kopi, tidak jauh dari Rumah Dinas Bupati (RDB) tempat petani Telukjambe tinggal sementara waktu, berakhir pada sebuah acara untuk menghibur para petani Kamis (25/5) lalu.

Pemilik kedai itu akrab disapa Yuda, aku memanggilnya A’ Yuda. Percakapan perdana kami langsung menyiratkan bahwa nilai juang kami ternyata sama. Ia meminta maaf kepadaku dan kawan-kawan lain yang telah merepotkan datang jauh-jauh dari Jakarta, selain juga mewakili teman-temannya sesama putra-putri daerah Karawang yang selama ini belum sempat ikut serta berjuang bersama petani Telukjambe. Tentu, aku pribadi maklum mengingat mereka juga sedang menangani kasus pertambangan di daerah Karawang yang lain. Sedari awal memang A’ Yuda sudah ingin merencanakan satu ‘penebusan dosa’. Ia mengutarakan bahwa ingin sekali menggelar pagelaran seni di RDB, sebagai wujud solidaritas, bentuk hiburan, dan tentu penghinaan untuk Pemkab sendiri. Percakapan perdana itu terjadi dua minggu sebelum Kamisan Karawang akhirnya digelar.

Kami berkenalan dengan sesama anak muda Karawang. Satu hal menyenangkan bisa punya banyak teman seperjuangan tentunya.

Saat hari H tiba, A’ Yuda dan kawan-kawan muda Karawang menyiapkan segala sesuatunya. Hari itu ada beberapa acara: pembacaan puisi dan musikalisasi oleh anak-anak petani, pagelaran akustik, jemuran puisi, pameran lukisan anak-anak petani, dan pengumpulan donasi lewat penjualan stiker. Kamisan Karawang dimulai tepat pukul 16.00. Awalnya, kami hanya menyasar untuk menghibur anak-anak petani, namun malahan semua petani ikut berpartisipasi dan bersukaria. Beberapa perwakilan serikat buruh dan komunitas di Karawang juga hadir untuk bersolidaritas. Sejenak, kami seperti melupakan lelah dan penatnya tinggal di tempat yang bukan rumah kami. Sejenak pula, kami seperti mengabaikan ancaman-ancaman intimidatif dari sejumlah preman yang nyaris setiap hari dalam seminggu terakhir selalu datang. Abai karena jumlah kami kini bertambah banyak. Abai karena barisan kami makin rapat.

FormatFactoryP_20170525_143100FormatFactoryP_20170525_143234P_20170525_162716

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s