Tips dan manfaat Jogging

IMG_6976
Jogging adalah aktivitas lari kecil. Jogging Etimologi dari jog kata tidak diketahui, tetapi mungkin terkait dengan shog atau menjadi penemuan baru di abad ke-16. Pada 1593 William Shakespeare menulis dalam Taming of the Shrew, “you may be jogging whiles your boots are green “. Pada saat itu, biasanya dimaksudkan untuk meninggalkan. Jogging istilah sering digunakan dalam bahasa Inggris dan sastra Amerika Utara untuk menggambarkan gerakan cepat pendek, baik disengaja atau tidak disengaja. Hal ini juga digunakan untuk menggambarkan cepat, tajam goyang atau jar. Richard Jefferies, seorang naturalis Inggris, menulis tentang “joggers”, menggambarkan mereka sebagai cepat bergerak orang yang disikat orang lain selain saat mereka lewat. Jogging istilah berasal dari Inggris pada pertengahan abad ke-16 . Penggunaan ini menjadi umum di seluruh Kerajaan Inggris, dan pada tahun 1884 novelnya My Run Depan penulis Australia Rolf Boldrewood menulis “your bedroom curtains were still drawn as I passed on my morning jog”.

Di Amerika Serikat joging disebut “roadwork” ketika atlet dalam pelatihan, seperti petinju, lazim berlari beberapa mil setiap hari sebagai bagian dari pengkondisian mereka.  Di Selandia Baru selama tahun 1960 atau 1970 kata “perbaikan jalan” adalah sebagian besar digantikan oleh kata “joging”, dipromosikan oleh pelatih Arthur Lydiard, yang dikreditkan dengan mempopulerkan jogging. Ide joging sebagai kegiatan terorganisir diperdebatkan dalam sebuah artikel halaman olahraga di Selandia Baru Herald pada bulan Februari tahun 1962, yang menceritakan tentang sekelompok mantan atlet dan penggemar kebugaran yang akan bertemu seminggu sekali untuk mencalonkan diri untuk “fitness and sociability”. Karena mereka akan joging, koran ini menyatakan bahwa klub “dapat disebut Auckland Joggers ‘Club” yang dianggap penggunaan pertama dari kata benda “jogger”. University of track pelatih Oregon Bill Bowerman, setelah joging dengan Lydiard di Selandia Baru pada tahun 1962, menerbitkan Jogging buku pada tahun 1966, mempopulerkan joging di Amerika Serikat. Hingga saat ini tren jogging masih populer di indonesia . Tidak hanya para orang dewasa para remaja dan lansia juga melakukan jogging untuk menjaga kesehatannya.

IMG_6973.JPGSaat melakukan jogging gunakanlah pakian yang nyaman

IMG_6969Gunakan lah sepatu yg nyaman saat di gunakan berlari

Cara jogging yg benar
IMG_6970.JPG1. Saat jogging lekuakan lengan 90 derajat lalu gerakan sesuai irama berlari
IMG_6977.PNG2. Posisi tubuh harus tegak (leher dan dada harus tegag agar mendapatkan udara yg optimal)
IMG_6971.JPG3. Saat jogging usahakan ujung kaki yang terlebih dahulu mendarat agar posisi kaki lebih ideal
IMG_6972.JPG4. Bernafas lah melalui hidung lalu buang melalui mulut agar jantung tetap stabil

Manfaat dari jogging;
* Dapat menurunkan berat badan dengan melakukan jogging rutin.
* Jogging juga mencegah otot dan tulang kerusakan yang sering terjadi dengan usia, meningkatkan kinerja jantung dan sirkulasi darah dan membantu dalam melestarikan berat badan seimbang.
* Jogging dapat digunakan sebagai metode untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau untuk menyediakan sarana latihan kardiovaskular tetapi dengan lebih sedikit stres pada sendi atau menuntut pada sistem peredaran darah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s