Teknik Dasar Pada Permainan Gitar Style Thrash Metal

Untitled-1

Musik Thrash Metal adalah musik yang mengandalkan tempo permainan alat musik seperti gitar, drum dan bass yang cepat. Selain mengandalkan tempo yang cepat, musik Thrash Metal juga mengandalkan distorsi yang berat, yang berasal dari alat musik gitar. Permainan gitar dalam Style Thrash Metal sangat mengandalkan teknik-teknik tinggi seperti, Pick Harmonic (yaitu senar gitar dipetik keras/kencang, sehingga menimbulkan suara yang bernada tinggi), Hammer On atau bisa dibilang Typing (dinamakan Hammer On karena cara bermainnya diketuk atau dipukul dan Typing karena terlihat seperti seseorang yang mengetikkan jemarinya diatas fingerboard/papan jari gitar) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dalam dasar bermain gitar Style Thrash Metal adalah sebuah petikan gitar yang cepat, keras dan bising. Petikan yang biasa dipakai atau yang mendasari Style Thrash Metal tersebut dinamakan Downstroke. Downstroke sendiri bukanlah suatu hal yang baru dalam teknik gitar. Dalam teknik gitar, Downstroke, dimainkan hampir disemua genre musik. Downstroke yang artinya adalah memetik gitar selalu kebawah, jadi dengan kata lain, Downstroke adalah dasar petikan gitar disemua genre/jenis musik.

Tetapi hal yang berbeda dari Downstroke pada Style Thrash Metal adalah saat memetik senar gitar atau men-Downstroke, sisi bagian samping telapak tangan menahan senar gitar.Sequence 01.00_00_14_00.Still001

Akibat ditahannya senar gitar menggunakan sisi samping telapak tangan, suara yang diciptakan oleh gitar akan terdengar berat dan tidak terdengar suara petikan yang jelas dari senar gitar. Dengan ditambah suara distorsi dari effect gitar atau pun amplifre, serta menambahkan gain pada effectnya, suara gitar akan terdengar berat dan bising.

Dalam bermain teknik Downstoke, pertama, diharuskan melakukan pemanasan, karena bermain teknik Downstroke akan membuat tangan cepat terasa pegal dan nyeri. Yang kedua, pastikan anda memang pick gitar dengan benar dan kuat, serta carilah posisi memegang pick yang paling nyaman, karena memegang pick gitar adalah selera anda pribadi. Ketiga, pastikan sisi bagian samping telapak tangan menyentuh senar gitar yang berada didekat bridge/tremolo gitar. Selanjutnya petik senar gitar dengan cara seperti memukul atau menekan senar gitar, dengan petikan seperti itu akan menghasilkan suara gitar yang berat dan bisisng, bahkan terdengar seperti suara gergaji.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s